Kita mengharapkan pameran berikutnya lebih diperbanyak gerai atau "booth" kuliner karena kebanyakan pengunjung mencarinya
Jakarta (ANTARA) - PT Asabri (Persero) menampilkan mitra binaan unggulannya, Bandeng Presto UD Mina Makmur dari Semarang, Jawa Tengah, dalam ajang Pameran Indonesia Creative Product Festival (ICPF) 2019 yang digelar kembali oleh Kementerian BUMN di Mid Valley Megamall Exhibition Centre, Kuala Lumpur, Malaysia.

“BUMN sudah membina dan membantu para Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) ,  mereka diajarkan tentang akuntansi, pembukuan, bagaimana membuat dan menghasilkan produk yang bagus, bagaimana mengepaknya, dan lainnya, kata Deputi Pertambangan Industri Strategis dan Media Kementerian BUMN, Fajar Hari Sampurno, dalam keterangan di Jakarta, Senin. 

"Namun belakangan ini BUMN mengubah caranya, karena ternyata yang paling diperlukan para UMKM yaitu pemasarannya. Oleh karena itu kemudian diadakan Rumah Kreatif BUMN yang akan dibangun di setiap kabupaten kota diseluruh Indonesia," tambahnya saat membuka pameran "Indonesia Creative Product Festival (ICPF) 2019

Pameran yang diselenggarakan oleh Kementerian BUMN dengan PIC yang tergabung dalam Cluster National Publishing and News Corporation (NPNC) yaitu Perum Percetakan Negara RI, PT Balai Pustaka, dan Perum LKBN ANTARA ini berlangsung dari tanggal 3-5 Mei 2019.

Kegiatan ini diselenggarakan untuk memperkenalkan atau memromosikan produk-produk unggulan UMKM Indonesia ke bursa international dalam hal ini negara - negara Asia, dengan menampilkan keanekaragaman karya para UMKM terbaik Indonesia.

UMKM yang ditampilkan adalah mitra-mitra binaan BUMN terbaik yang bergerak di bidang busana, kerajinan, makanan dan produk-produk kerajinan yang bertumbuh dari akar budaya Indonesia.

Lebih lanjut Fajar Hari Sampurno menjelaskan melalui Rumah Kreatif tersebut diharapkan bisa lebih memaksimalkan produk dari UMKM .

Sementara Bandeng Presto UD Mina Makmur dari Semarang, merupakan usaha milik Adhi Widayanto. Pada awal mulanya usaha ini dijalankan secara bersama- sama dengan warga di daerah sekitarnya.

Pada tahun 2016 ia mendapat informasi dari rekannya untuk program Kemitraan BUMN. Adhi mendatangi kantor PT Asabri Cabang Semarang yang merupakan salah satu BUMN dan mendapat informasi tersebut.

Setelah mendapatkan penjelasan yang rinci ia bersama ibundanya memutuskan untuk membuat usaha mandiri dengan modal kerja yang ia pinjam melalui program kemitraan Asabri.

Ketekunan serta niat yang tulus untuk berusaha membuat modal yang ia pinjam tumbuh pesat .

Saat ini UD Mina Makmur telah mempunyai 13 orang karyawan dan gerai sendiri dan sudah memasarkan dalam taraf internasional.

Keseriusan Asabri dalam membina mitra - mitranya untuk menjadikanya UKM unggul yang dapat "go internasional" di kemudian hari.

Pameran Indonesia Creative Product Festival (ICPF) 2019 yang digelar BUMN Mei 2019 pada penutupan berhasil mencatat transaksi Rp12 miliar, lebih besar dari tahun lalu yang mencatat transaksi sebesar Rp10 miliar.

"Terima kasih kepada para BUMN yang telah menyukseskan kegiatan pameran ini, ke depan kita akan menyelenggarakan Pameran ICPF di Korea, China dan Selandia Baru (New Zealand)," katanya.

Setelah mengevaluasi kegiatan tersebut, pihaknya mengharapkan pameran berikutnya lebih diperbanyak gerai atau "booth" kuliner karena kebanyakan pengunjung mencarinya.

Contohnya pada gerai mitra binaan yang dipamerkan oleh Asabri yaitu bandeng presto milik UD Mina Makmur dari Semarang.

"Sebelum pameran berakhir saja mereka sudah kehabisan stok karena diserbu pengunjung," kata Ketua Panitia ICPF 2019, Achmad Fahrodji.

Baca juga: ASABRI lakukan digitalisasi pelayanan asuransi pensiunan TNI-POLRI

Baca juga: ASABRI Denpasar bina UKM pengerajin ukiran Bali

Pewarta: Jaka Sugiyanta
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2019