London (ANTARA) - Pangeran Harry dari Inggris mengumumkan bahwa istrinya, Meghan Markle yang juga bergelar  Duchess of Sussex, telah melahirkan seorang bayi laki-laki pada Senin. 

Bayi yang berada pada garis ketujuh tahta Inggris itu, "benar-benar sangat kami inginkan", kata Pangeran kepada awak media.

Pengumuman resmi di akun Instagram pasangan kerajaan tersebut menuliskan bahwa mereka "menyambut kedatangan anak pertama mereka, yang lahir pada 6 Mei 2019 dengan berat 3,2 kilogram."

"Duchess dan bayinya dalam kondisi sehat. Pasangan itu pun menyampaikan ucapan terima kasih kepada masyarakat kebahagiaan dan dukungan yang mereka curahkan selama waktu yang sangat istimewa dalam hidup mereka. Cerita lebih lanjutnya akan diberikan beberapa hari mendatang."

Harry (34 tahun) sang cucu Ratu Elizabeth dan Meghan, mantan aktris berusia 37 tahun kelahiran AS, menikah dalam upacara mewah di Istana Windsor Inggris pada Mei tahun lalu.
 
Meghan Markle dan Pangeran Harry meninggalkan Kapel St. George di Kastil Windsor setelah pemberkatan pernikahan mereka di Windsor, Inggris, Sabtu (19/5/2018). (Gareth Fuller/Pool via REUTERS) (Gareth Fuller/Pool via REUTERS/)

Bayi Harry-Meghan akan menjadi cicit kedelapan Elizabeth, ratu yang saat ini berusia 93 tahun dan paling lama memerintah di dunia.  Putra pasangan tersebut nantinya berhak memiliki kewarganegaraan Inggris dan Amerika Serikat.

Namun, si anak tidak secara otomatis menjadi pangeran ataupun putri karena gelar itu harus diberikan oleh ratu dengan mengeluarkan surat paten.

Harry dan Meghan sendiri sudah secara resmi menyandang gelar Duke and Duchess of Sussex.

Keluarga kerajaan Inggris sangat menarik perhatian media namun anggota-anggota yang lebih muda, terutama Harry dan Meghan, diperlakukan bak bintang Hollywood.

Sumber: Reuters

Baca juga: Meghan Markle dan Pangeran Harry terima ratusan kado untuk calon bayi
Baca juga: Lima fakta Ratu Elizabeth II pada ultah ke-93

Penerjemah: Asri Mayang Sari
Editor: Tia Mutiasari
Copyright © ANTARA 2019