counter

Liga Champions

Prediksi Liverpool vs Barcelona

Oleh AA Ariwibowo

Prediksi Liverpool vs Barcelona

Pelatih Liverpool Juergen Klopp akan bersalaman kembali dengan pelatih Barcelona Ernesto Valverde pada leg kedua semifinal Liga Champions di Anfield, Rabu dini hari nanti, yang akan menentukan siapa ke final kompetisi elite Eropa ini (REUTERS/SERGIO PEREZ)

Jakarta (ANTARA) - Berharap dari tuah "setan gundul" Anfield, rasanya jauh belum cukup memotivasi pasukan Liverpool guna menutup defisit tiga gol dari Barcelona. Yang diperlukan the Reds adalah keluar menyerang dengan cepat dari sisi sayap dan mengandalkan umpan-umpan panjang.

Tidak ada kata maha berat dalam kamus sepak bola yang menyimpan selaksa kemungkinan. Yang diperlukan, laga pembuktian bahwa Liverpool siap menjamu Barcelona dalam laga kedua semifinal Liga Champions yang digelar di Stadion Anfield, Liverpool, pada Selasa malam waktu setempa atau Rabu dini hari pukul 02.00 WIB. Pertandingan itu akan ditayangkan secara langsung oleh RCTI.

Tidak ingin buru-buru skeptis, jika ingin lolos ke turnamen elite di Benua Biru itu, maka pasukan asuhan pelatih Juergen Klopp wajib menang 4-0 demi menghapus defisit tiga gol akibat kekalahan yang mereka derita saat melakoni laga tandang di Barcelona pekan lalu.

Warta Tim:

Liverpool:

* Naby Keita absen lantaran masih dibekap cedera bahu yang dialami saat berlaga di leg pertama. Liverpool memiliki tiga amunisi di lini gelandang, yakni Georgino Wijnaldum, Fabinho dan Jordan Henderson.
* Mohamed Salah absen di laga leg kedua, karena ia mengalami cedera lantaran bertabrakan dengan penjaga gawang Newcastle Martin Dubravka.
* Juergen Klopp mengumumkan bahwa Salah tidak turun bermain melawan Barcelona. Liverpool juga tidak diperkuat oleh Roberto Firmino karena ia belum pulih benar, sementara itu Adam Lallana diragukan tampil di Anfield.

Barcelona:
* Ousmane Dembele masih berkutat dengan cedera hamstring saat ia memperkuat Barcelona melawan Celta Vigo di Liga Spanyol pada pekan lalu.
* Rafinha belum pulih dari cedera.
* Ernesto Valverde besar kemungkinan menurunkan komposisi pemain yang sama ketika Barcelona menundukkan Liverpool 3-0 di leg pertama di Camp Nou.

Fakta Laga:

* Barcelona mampu menuai kemenangan saat melakoni babak pertama dan bak kedua dalam empat pertandingan terakhir di ajang Liga Champions.
* Barcelona membesut kemenangan dalam empat laga di ajang Liga Champions.
* Barcelona membukukan clean sheet dalam tiga pertandingan di ajang Liga Champions.

Baca juga: Jika Liverpool mesti tersingkir maka harus lewat cara indah

Prakiraan susunan pemain:

* Liverpool (4-3-3):

Alisson (penjaga gawang), Robertson, Dijk, Matip, Alexander-Arnold, Wijnaldum, Fabinho, Henderson, Mané, Origi, Shaqiri
Pelatih: Juergen Klopp

* Barcelona (4-4-2):
Stegen (penjaga gawang), Alba, Lenglet, Piqué, Roberto, Coutinho, Busquets, Rakitic, Vidal, Suárez, Messi
Pelatih: Ernesto Valverde

Pemai top:

Rapor pemain:

Liverpool:

T. Alexander-Arnold (7,15)
S. Mané (7,09)
M. Salah (7,05)

Barcelona:
L. Messi (8,94)
L. Suárez (7,52)
Coutinho (7,38)

Jumlah gol:

Liverpool:

R. Firmino (4)
M. Salah (4)
S. Mané (4)

Barcelona:
L. Messi (12)
Coutinho (3)
O. Dembélé (3)

Baca juga: Tak ada Mo Salah, Rhian Brewster pun jadi

Jumlah Assists:

Liverpool:

J. Milner (2)
V. v. Dijk (2)
M. Salah (2)

Barcelona:
J. Alba (5)
L. Messi (3)
L. Suárez (3)

Prediksi Man of the Match (whoscored):

1.Lionel Messi (64,86 persen)
2.Sadio Mané (8,11 persen)
3.Luis Suárez (5,41 persen)
4.Simon Mignolet (5,41 persen)
5.Mohamed Salah (5,41 persen)
Pemain lainnya (10,81 persen)

Prediksi jalannya laga:

* Liverpool hampir dipastikan tampil all out di leg kedua melawan Barcelona, apalagi duel ini dihelat di Anfield yang siap mendukung habis-habisan pasukan The Reds.
* Liverpool bakal memeragakan gaya sepak bola yang menyerang dengan dibekali kepercayaan diri penuh, meski lawan yang dihadapi Barcelona yang dihuni megabintang Lionel Messi.
* Jika memang Liverpool mampu mencetak gol lebih dulu, maka bukan tidak mungkin angin berhembus ke kubu The Reds untuk membuka peluang melenggang ke final Liga Champions.
* Ernesto Valverde dikenal sebagai juru taktik yang mampu menimbang situasi dengan cermat dan teliti. Ia bahkan mengistirahatkan sejumlah pemain inti, saat Barcelona menelan kekalahan dari Celta Vigo di ajang liga domestik.
* Atmoesfer Anfield menjadi energi semangat bagi penampilan pasukan Liverpool.
* Kalau saja Lionel Messi tampil bersinar di Anfield, maka Barcelona menyegel tempat di final Liga Champions, apalagi kali ini Liverpool tidak diperkuat oleh Mohamed Salah dan Firmino.

Prediksi jalannya laga:

* Liverpool: 1
* Barcelona: 3

Baca juga: Liverpool hadapi Barcelona tanpa Salah dan Firmino

Oleh AA Ariwibowo
Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Kacamata Berbingkai Kayu Yogyakarta Yang Mencapai Barcelona

Komentar