ASDP Muntok prediksi peningkatan penumpang terjadi mulai H-10

ASDP Muntok prediksi peningkatan penumpang terjadi mulai H-10

Suasana Pelabuhan Tanjungkalian Muntok yang melayani penyeberangan menggunakan kapal feri dari Pulau Bangka dan Sumatera. (babel.antaranews.com/ Donatus DP)

Muntok, Babel (ANTARA) - Manajemen PT ASDP Pelabuhan Tanjungkalian Muntok, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, memprediksi peningkatan penumpang akan terjadi mulai H-10 atau 10 hari menjelang Idul Fitri 1440 Hijriyah.

"Untuk saat ini masih normal, kami masih memberlakukan enam trip kapal feri per hari untuk melayani penyeberangan Selat Bangka yang menghubungkan Pulau Bangka dengan Sumatera," kata manajer PT ASDP Indonesia Feri Cabang Bangka Wahyudi Susianto di Muntok, Selasa (7/5).

Aktivitas di Pelabuhan Tanjungkalian Muntok pada awal bulan Ramadhan tahun ini masih normal, baik penumpang yang datang maupun meninggalkan Pulau Bangka.

Kapal feri yang disiapkan sebanyak enam unit melayani penumpang orang, sepeda motor dan kendaraan roda empat masih beraktivitas seperti biasa dan diberangkatkan sesuai jadwal.

"Kemungkinan akan terjadi peningkatan pada 10 hari sebelum lebaran hingga 10 hari sesudah lebaran, seperti tahun-tahun sebelumnya," ujarnya.

Namun pada tahun ini diprediksi jumlah penumpang yang datang maupun berangkat akan mengalami peningkatan sekitar 12 persen dari tahun sebelumnya, karena adanya kenaikan harga tiket pesawat terbang yang cukup signifikan.

Untuk menyukseskan arus mudik dan balik lebaran, saat ini pihaknya masih melakukan koordinasi lintas sektor sebagai persiapan langkah antisipasi.

Jika nanti terjadi lonjakan penumpang, dari PT ASDP Pelabuhan Tanjungkalian Muntok sudah disiapkan skenario berupa penambahan jumlah trip kapal yang bisa mencapai 14 kali sehari yang dilayani selama 24 jam.

"Jadi nanti bisa saja kapal datang, turunkan penumpang langsung isi dan berangkat lagi, jika terjadi kepadatan," katanya. 

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta
Editor: Ridwan Chaidir
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Pemprov Jateng anjurkan salat tarawih di rumah selama pandemi

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar