Empat helipad akan ditempatkan di sejumlah ruas tol yang dilalui pemudik, yakni di KM 72 Cikampek, Pintu Tol Kali Kangkung, Tol Semarang-Batang dan Tol Ngawi, Jawa Timur. Sementara itu, satu titik helipad akan memanfaatkan area Bandara Cirebon.
Jakarta (ANTARA) - Pemerintah akan menyediakan lima titik landasan parkir helikopter atau helipad di kawasan yang berpotensi mengalami kepadatan pengguna jalan tol pada arus mudik dan arus balik Idul Fitri 1440 Hijriah tahun ini.

Kepala Sub Bidang Operasional dan Pemeliharaan II, Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT), Joko Santoso dalam diskusi dan Peluncuran Buku "Mudik Minim Polemik" di Jakarta, Selasa, mengatakan penempatan helipad ini untuk memudahkan proses evakuasi jika terjadi kecelakaan pada pemudik di ruas tol yang mengalami kepadatan kendaraan.

"Pemerintah memutuskan untuk menyediakan helipad sebagai antisipasi dan proses evakuasi apabila ada kecelakaan atau pengguna jalan yang sakit di jalan tol. Kemacetan jalan tol seringkali mempersulit petugas kami untuk melakukan evakuasi," kata Joko.

Ia menyebutkan empat helipad akan ditempatkan di sejumlah ruas tol yang dilalui pemudik, yakni di KM 72 Cikampek, Pintu Tol Kali Kangkung, Tol Semarang-Batang dan Tol Ngawi, Jawa Timur. Sementara itu, satu titik helipad akan memanfaatkan area Bandara Cirebon.

Penyediaan helipad akan dimulai pada H-10 Lebaran sampai H+10 Lebaran yang diperkirakan jatuh pada 5 Juni mendatang.

Joko menambahkan penyediaan helipad menjadi salah satu layanan yang diselenggarakan secara rutin kepada pengguna jalan tol dan sebagai bagian dari monitoring pemerintah jika terjadi kepadatan kendaraan di jalan tol.

Ada pun untuk jumlah unit helikopter yang akan digunakan untuk evakuasi, hingga saat ini masih menunggu keputusan dari rapat koordinasi Kementerian Perhubungan.

"Saat ini kami menyediakan dulu helipadnya karena helipad yang ada ini dari Kementerian Perhubungan dan milik Kepolisian," katanya.

Baca juga: Ganjil genap tidak jadi diterapkan saat mudik

Baca juga: Pengoperasian delapan SPBU di tol Surabaya-Ngawi nyamankan pemudik

 

Pewarta: Mentari Dwi Gayati
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2019