counter

Operasi pasar bahan pangan berlanjut hingga harga stabil

Operasi pasar bahan pangan berlanjut hingga harga stabil

Kepala Badan Ketahanan Pangan Agung Hendriadi (baju putih) menemui pembeli pada kegiatan operasi harga telur ayam di Pasar Palmerah, Jakarta Barat, Rabu (8/5/2019). ANTARA/Arnidhya Nur Zhafira/aa

kenaikan harga sejumlah bahan pokok di beberapa pasar disebabkan oleh besarnya permintaan konsumen pada awal bulan Ramadhan yang tidak sebanding dengan tenaga dan stok sementara dari produsen
Jakarta (ANTARA) - Badan Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian akan terus melakukan operasi pasar bahan pangan di beberapa pasar di Jakarta untuk menyelaraskan harga komoditas tersebut.

"Operasi pasar akan terus dilakukan sampai harga-harga yang di atas harga acuan kembali normal," kata Kepala Badan Ketahanan Pangan Agung Hendriadi usai kegiatan operasi harga telur ayam di Pasar Palmerah, Jakarta Barat, Rabu.

Di Jakarta, lanjutnya, dari 40 pasar, terdapat tujuh pasar yang memiliki harga telur ayam di atas harga acuan Rp23.000 per kilogram. Salah satunya di Pasar Palmerah, harga telur mencapai Rp25.000 hingga Rp26.000 per kilogram.

"Sesuai arahan, kami harus bandingkan dan menstabilkan ke harga normal karena kalau dibiarkan, tidak kami intervensi, harga akan terus naik," tambah Agung.

Baca juga: Mentan "blacklist" 56 importir bawang putih yang permainkan harga
Baca juga: Operasi pasar, Mentan gelontorkan bawang putih impor jelang Ramadhan


Agung menilai kenaikan harga sejumlah bahan pokok di beberapa pasar disebabkan oleh besarnya permintaan konsumen pada  awal bulan Ramadhan yang tidak sebanding dengan tenaga dan stok sementara dari produsen.

"Biasanya seminggu awal menjelang Ramadhan, menjelang Idul Fitri, dan seminggu setelah Idul Fitri, permintaan dari masyarakat tinggi, sedangkan produsen dan pedagang mungkin banyak yang pulang kampung pada momen tersebut," kata dia.

Agung berharap, dengan kegiatan ini, harga bahan pokok khususnya telur ayam dapat kembali normal dan stabil dalam dua hingga tiga hari mendatang.

Sebelumnya pada  hari yang sama, Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman juga melakukan operasi harga telur ayam di Pasar Tebet, Jakarta Selatan.

Pemerintah melalui Kementerian Pertanian mendatangkan tujuh ton telur ayam ras dalam operasi pasar yang digelar di tujuh titik, di antaranya  yaitu Pasar Petojo Ilir, Pasar Glodok, Pasar Pluit, Pasar Palmerah, dan Pasar Pulo Gadung.

Baca juga: Mentan ingin harga telur stabil Rp23.000 per kilogram
Baca juga: Operasi pasar belum efektif, harga bawang putih di Palembang Rp90.000
Baca juga: Operasi pasar murah Ramadhan diminati warga Kediri


 

Pewarta: Ahmad Wijaya dan Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Harga bahan pokok nasional aman

Komentar