TPID Kepri fokus mitigasi inflasi selama Ramadhan

TPID Kepri fokus mitigasi inflasi selama Ramadhan

Ilusrasi Grafik Inflasi (bi.go.id)

TPID juga melaksanakan operasi pasar melalui Rumah Pangan Kita untuk mendukung keterjangkauan harga di seluruh Kepri.
Batam (ANTARA) (ANTARA) - Tim Pengendali Inflasi Daerah Provinsi Kepulauan Riau fokus pada mitigasi risiko inflasi selama Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriah.

Wakil Ketua TPID Kepri, Fadjar Majardi di Batam, Rabu, menyatakan bahwa mitigasi risiko selama Ramadhan dan Idul Fitri dilakukan untuk mengendalikan inflasi pada Mei 2019.

TPID merekomendasikan sejumlah langkah untuk mengendalikan inflasi, antara lain meningkatkan koordinasi antara pemerintah provinsi dengan pemerintah kabupaten kota se-Kepri, dan pihak-pihak terkait untuk mengantisipasi peningkatan permintaan selama Ramadhan dan Idul Fitri.

"Kedua, melaksanakan pemantauan harga secara berkala untuk mengantisipasi kenaikan harga bahan makanan serta menghindari penimbunan yang dapat memicu peningkatan harga selama Ramadhan," kata dia.

TPID juga melaksanakan operasi pasar melalui Rumah Pangan Kita untuk mendukung keterjangkauan harga di seluruh Kepri.

Selain itu, TPID juga memfasilitasi pelaksanaan pasar murah atau pasar tani bersama instansi terkait serta pelaku usaha/distributor sebagai langkah pemenuhan pasokan komoditas strategis selama Ramadhan dan Idul Fitri.

"Lalu, meningkatkan koordinasi dengan kantor cabang maskapai penerbangan sebagai langkah pengendalian kenaikan tarif angkutan udara menjelang Hari Raya Idul Fitri," kata dia.

Hal itu perlu dilakukan karena tarif angkutan udara menjadi penyumbang inflasi dalam beberapa waktu terakhir. Sedangkan untuk memastikan kelancaran distribusi barang, khususnya bahan makanan, TPID melakukan koordinasi dengan pelabuhan dan operator penyeberangan.

TPID juga meminta pihak terkait menyampaikan informasi terkait perkembangan persediaan bahan pangan serta kebijakan pemerintan dalam mengelola ketersediaan bahan pangan kepada masyarakat.

Informasi itu perlu dilakukan agar masyarakat dapat mengelola ekspektasi inflasi selama Ramadhan dan Idul Fitri.

Pewarta: Yuniati Jannatun Naim
Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Pasar TPID II Batam resmi beroperasi hadapi pandemi

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar