"Secara keseluruhan, ada sepuluh kapal yakni enam kapal Pelni dan empat kapal perintis yang akan dioperasikan selama musim mudik Lebaran", kata Kepala Pelni Cabang Kupang, Isak Gerald 
Kupang (ANTARA) -
PT Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni) akan menyiapkan sepuluh armada kapal penumpang untuk mengangkut para penumpang yang kembali ke kampung halaman (mudik) menjelang hari raya Lebaran 2019.

"Secara keseluruhan, ada sepuluh kapal yakni enam kapal Pelni dan empat kapal perintis yang akan dioperasikan selama musim mudik Lebaran", kata Kepala Pelni Cabang Kupang, Isak Gerald di Kupang, Nusa Tenggara Timur, Rabu (8/5).

Dia mengemukakan hal itu, berkaitan dengan kesiapan perusahaan pelayaran plat merah itu dalam menghadapi mudik Lebaran, yang puncaknya di perkirakan pada akhir Mei 2019.

Menurut dia, enam kapal Pelni yang disiapkan itu adalah Bukit Siguntang, Umsini, Lawit, Sirimau, Wilis dan Lambelu.

Dia mengimbau masyarakat yang akan melakukan mudik agar mempersiapkan diri jauh hari sebelumnya.

Menurut dia, kepada masyarakat juga diimbau untuk membeli tiket lebih dini dengan menyesuaikan jadwal pelayaran, yang sudah di tempelkan di kantor cabang Pelni.

"Pelni membatasi penjualan tiket sesuai kapasitas angkutan demi meningkatkan pelayanan, kenyamanan, dan keselamatan penumpang dalam pelayaran,” ujarnya.

Dia menambahkan, walaupun PT Pelni masih membuka loket penjualan tiket di pelabuhan, tetapi tetap dibatasi atau disesuaikan dengan kapasitas angkut.
Dengan begitu, jika ada yang tidak mendapatkan tiket jangan menyalahkan penyedia angkutan, katanya menambahkan. 

Pewarta: Bernadus Tokan
Editor: Ridwan Chaidir
Copyright © ANTARA 2019