Jakarta (ANTARA) - Ajang kejuaraan nasional balap motor Oneprix-Indonesia Motorprix Championship siap digelar pada bulan Juli dan telah membuka pendaftaran pada Rabu ini.

Kejuaraan yang ditetapkan oleh Ikatan Motor Indonesia sebagai seri grand final kejuaraan nasional regional Motorprix Indonesia itu akan diselenggarakan sebanyak lima putaran di dua sirkuit berbeda, yaitu Tasikmalaya, Jawa Barat dan Surabaya, Jawa Timur.

Pendaftaran peserta balap untuk kejuaraan nasional Oneprix itu bisa diakses di laman resmi www.oneprix.id.

Wakil Presiden Direktur VIVA Group Ardiansyah Bakrie dalam sesi jumpa pers di Jakarta, Rabu, mengungkapkan jika ajang kejurnas Oneprix merupakan salah satu upaya VIVA, sebagai penyelenggara, bekerja sama dengan PT Oneprix Motorsport Manajemen dan Ikatan Motor Indonesia (IMI) untuk mengembangkan olahraga lokal.

"Kita melihat banyaknya antusias masyarakat di daerah terhadap balapan motor bebek. Dari ini kami merasa terpanggil untuk mengangkat olahraga yang masih lokal itu dan memberikan wadah ke ajang tingkat nasional," ungkap Ardi.

Dari ajang tersebut diharapkan muncul "pahlawan-pahlawan lokal" yang bisa mengangkat nama olahraga tersebut di tingkat nasional bahkan bisa juga ke internasional, ungkap Ardi.

Kejuaraan Nasional Oneprix itu akan mempertandingkan empat kelas utama yaitu bebek 150 cc tune up (expert), bebek 150 cc tune up (novice), bebek 150 cc standart (rookie) dan sport 150 cc (open qualification).

Selain empat kelas utama itu, akan digelar juga kejuaraan kelas pendukung atau komunitas seperti sport 150c open, RX King 140cc super class-super pro (open), bebek underbone 125 cc engine mix (open) dan matic 150cc tune up (open).

Oneprix Motorsport Manajemen melihat banyaknya pembalap motor di Indonesia yang memiliki potensi dan bakat untuk menjadi pembalap dunia. Dengan visi meningkatkan kualitas pembalap Indonesia, kejuaraan itu diharapkan menjadi platform untuk berkarir secara jangka panjang didunia balap motor.

Sementara itu, Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia Sadikin Aksa mengatakan, Kejuaraan Nasional Oneprix-Indonesia Motorprix Championship ini merupakan langkah awal dari salah satu program kerja IMI untuk meningkatkan citra positif dan mendorong peningkatan kualitas serta kuantitas olahraga otomotif di Indonesia.

"Kami harap pembalap-pembalap yang lahir dari Oneprix ini nantinya tak hanya bisa berprestasi di tingkat nasional namun juga di tingkat internasional."

Kejuaraan Nasional Oneprix-Indonesia Motorprix Championship itu, akan dikuti oleh pembalap yang memiliki peringkat terbaik dari Kejuaraan Regional pada tahun sebelumnya serta tahun berjalan.

Sehingga, pada musim pertamanya digelar tahun ini, Oneprix-Indonesia Motorprix Championship akan diikuti oleh pembalap yang memiliki peringkat terbaik dari Kejuaraan Regional, dimana nantinya para pembalap terbaik akan lolos ke Kejuaraan Nasional Oneprix.

Mengambil lokasi sirkuit di Bukit Peusar, Tasikmalaya dan Sirkuit Bung Tomo, Surabaya, Kejuaraan Nasional Oneprix-Indonesia Motorprix Championship akan digelar sekali setiap bulan pada Minggu pukul 13.00 WIB-15.00 WIB.

Berikut jadwal ajang Oneprix Indonesia Motorprix Championship seri tahun 2019:

Putaran 1 : 07 Juli 2019, Sirkuit Bukit Peusar, Tasikmalaya, Jawa Barat.
Putaran 2 : 04 Agustus 2019, Sirkuit Bung Tomo, Surabaya, Jawa Timur.
Putaran 3 : 01 September 2019, Sirkuit Bukit Peusar, Tasikmalaya, Jawa Barat.
Putaran 4 : 13 Oktober 2019, Sirkuit Bukit Peusar, Tasikmalaya, Jawa Barat.
Putaran 5 : 10 November 2019, Sirkuit Bung Tomo, Surabaya, Jawa Timur.

Baca juga: Oneprix-Indonesia Motorprix panaskan kompetisi balap motor nasional
 

Pewarta: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2019