Jakarta (ANTARA) - Kecepatan kinerja, daya tahan baterai dan kapasitas penyimpanan merupakan faktor penting bagi pembeli ponsel pintar di Indonesia, sebelum mereka menentukan untuk membeli gawai baru, demikian menurut hasil survei terbaru Google.

"Kecepatan dan daya tahan (baterai) kini berada di posisi teratas bagi konsumen. Jauh melampaui pertimbangan tentang kamera dan desain eksterior smartphone," kata Senior Tech and Telco Industry Analysis Google Indonesia, Yudistira Adi Nugroho, di Google Think Telco, Jakarta, Rabu.

Hasil penelitian Google juga memperlihatkan bahwa faktor kapasitas penyimpanan (memory storage) berada di peringkat ketiga dalam pertimbangan konsumen untuk mengganti ponsel pintarnya.

Selain kecepatan kinerja ponsel dalam merespons perintah pengguna, kecepatan koneksi melalui jaringan telekomunikasi (provider) juga menjadi perhatian konsumen. Maka jika merasa tidak puas dengan kecepatan yang dimiliki, konsumen berpeluang berganti provider.

Dari riset yang telah dilakukan, Yudistira memaparkan bahwa proses seseorang untuk membeli smartphone baru, rata-rata memakan waktu 14 hari. Dimulai dari proses mencari informasi di Internet sampai membeli di toko.

Namun dalam proses ini, laman resmi yang dimiliki Produsen Peralatan Asli (OEM) kerap kurang berpengaruh bagi konsumen untuk mengambil keputusan.

Justru yang dapat lebih banyak mempengaruhi keputusan konsumen untuk membeli smartphone baru adalah video-video ulasan dan komparasi seperti yang banyak terdapat di YouTube.

Walau konsumen telah terbiasa menggali informasi melalui mesin pencari di Internet, Yudistira mengatakan bahwa proses transaksi tetap dilakukan di toko-toko konvensional.

"Orang-orang masih perlu sentuhan personal seperti ingin tahu apakah smartphone barunya tersebut muat di saku, atau proses registrasi SIM card baru," tutur Yudistira.

Kamera

Kendati riset Google menyebut fitur kamera bukan hal utama bagi konsumen, namun distributor alat telekomunikasi Erajaya menilai kamera masih jadi pertimbangan penting konsumen saat membeli ponsel.

"Mungkin bukan faktor nomor satu, tapi kamera masih jadi faktor penting. Bahkan sempat ada joke tentang Huawei P30, yang disebut beli kamera dapat hape saking bagus kameranya," kata Head of Strategy Erajaya, Steven Sulung.

Pendapat senada diungkapkan Coorporate Marketing Director Samsung Indonesia, Elvira Jakub.

Menurut Elvira, keberadaan kamera yang bagus, khususnya di smartphone level flagship, menjadi pertimbangan penting konsumen karena orang-orang Indonesia semakin banyak yang suka melakukan perjalanan.

Dalam riset Google, fitur kamera berada di posisi ke-12 dalam daftar peringkat pertimbangan konsumen saat membeli smartphone baru.

Baca juga: Google luncurkan ponsel murah Pixel 3a
 

Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2019