counter

Liga Champions Asia

Marouane Fellaini antar Shandong ke babak knockout

Marouane Fellaini antar Shandong ke babak knockout

Marouane Fellaini (Reuters)

Jakarta (ANTARA) - Sundulan khas Marouane Fellaini melontarkan Shandong Luneng ke babak gugur Liga Champions Asia setelah mantan gelandang Manchester United itu membawa klub Liga Super China itu menang 2-1 atas klub Korea Selatan Gyeongnam FC, Rabu.

Fellaini menanduk bola dari jarak dekat tiga menit sebelum bubaran guna memastikan Shandong memuncaki klasemen Grup E setelah juara bertahan Kashima Antlers tergelincir kalah 0-1 melawan Johor Darul Ta’zim (JDT) Malaysia.

Kemenangan ini membawa Shandong mengantongi 11 poin dari lima pertandingan pertama mereka pada fase grup, atau empat poin lebih banyak dibandingkan Kashima dengan Gyeongnam enam poin.

"Pada akhirnya kami menang dan kami lolos dan itu sangat penting," kata Fellaini yang bergabung dengan Shandong sejak Januari lalu.

JDT memetik tiga poin dari Kashima berkat gol semata wayang Syafiq Ahmad pada menit ke-69. Kekalahan ini membuat Kashima harus mencuri paling sedikit satu poin dari Shandong pada pertandingan terakhir fase grup ini pada 22 Mei, demi memastikan tempat di babak knockout.

Wakil Jepang lainnya, Sanfrecce Hiroshima, maju sebagai juara Grup F setelah menang 1-0 atas juara dua kali Liga Champions Asia, Guangzhou Evergrande. Sho Sasaki menjadi pencipta satu-satunya gol dalam pertandingan itu.

Daegu yang mengalahkan Melbourne Victory 4-0 pada Rabu, akan bertandang ke Guangzhou pada pertandingan terakhir fase grup. Mereka membutuhkan paling tidak hasil seri melawan tim asuhan Fabio Cannavaro itu untuk meloloskan diri ke babak knockout.

Di bagian barat, klub Iran, Zobahan, memastikan maju ke 16 Besar setelah seri 2-2 di Grup A melawan Al Zawraa dari Irak, sedangkan Al Wasl dari Uni Emirat Arab menang 3-1 melawan Al Nassr dari Arab Saudi.

Zobahan hanya butuh hasil seri pada pertandingan terakhirnya melawan Al Nassr agar bisa ke babak gugur.

Al Wahda dari UEA dan Al Ittihad dari Arab Saudi sudah membukukan tempat mereka pada 16 Besar setelah di Grup B mereka masing-masing mengalahkan Lokomotiv Tashkent dan Al Rayyan Qatar.

Al Wahda menang 3-1 melawan Tashkent, sedangkan Al Ittihad menundukkan Al Rayyan 2-0. Al Ittihad dan Al Wahda bertemu pada pertandingan terakhir mereka di fase grup, demikian Reuters.




 

Pewarta: Jafar M Sidik
Editor: Teguh Handoko
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar