Arti nama Archie Harrison, anak Pangeran Harry-Meghan Markle

Arti nama Archie Harrison, anak Pangeran Harry-Meghan Markle

Pangeran Harry dan Meghan Markle memperkenalkan anak laki-laki pertama mereka di Istana Windsor, Berkshire, Rabu (8/5/2019). (ANTARA FOTO/Dominic Lipinski/Pool via REUTERS/pras)

Jakarta (ANTARA) - Penantian orang-orang yang penasaran dengan buah hati Pangeran Harry dan Meghan Markle akhirnya terjawab dengan hadirnya Archie Harrison Mountbatten-Windsor.

Apa arti di balik nama Archie Harrison?

Dilansir AFP, inspirasi di balik nama itu masih jadi spekulasi. Secara tradisional, Archie kependekan dari nama lama Inggris dan Skotlandia Archibald, yang artinya "sangat pemberani", namun akhir-akhir ini nama Archie sendiri juga populer.

Tahun lalu, Archie jadi nama paling populer urutan ke-15 di Inggris, berdasarkan laman Baby Centre.

Archibald adalah nama aristokrat di Skotlandia, kata Cleveland Evans, mantan presiden American Name Society dan profesor psikologi di Bellevue University pada Time.

"Pilihan itu jelas memperlihatkan kepribadian mereka, tapi pada batas tertentu, mengubah keluarga kerajaan di mana banyak hal -terutama sejak kematian Puteri Diana- lebih terbuka," kata Evans, merujuk pada Pangeran Harry dan Meghan Markle.

"Mereka mungkin ingin membuatnya lebih modern dan ingin keluarga kerajaan dianggap seperti orang biasa, yang jadi alasan mereka memilih nama seperti Archie, di mana saat ini nama itu lazim dimiliki anak-anak di Inggris."
 
Pangeran Harry dan Meghan Markle memperkenalkan anak laki-laki pertama mereka di Istana Windsor, Berkshire, Rabu (8/5/2019). ANTARA FOTO/Dominic Lipinski/Pool via REUTERS/pras.


Selama beberapa bulan banyak orang menebak-nebak nama yang akan dipilih oleh Meghan dan Harry, dan Archie tidak ada dalam tebakan.

Harrison juga pilihan yang berani, kata Evans, karena sangat unik untuk nama keluarga kerajaan.

Dikutip dari Telegraph, Harrison bisa juga bermakna "son of Harry" alias putra Harry.

Nama Harrison berada di urutan ke-34 dari daftar 100 nama anak laki-laki di Inggris dan Wales. Di AS, nama itu berada di urutan ke-148 dalam daftar nama populer pada periode 2010-2017.

Orang-orang terkenal yang punya nama Harrison meliputi aktor Harrison Ford, George Harrison dari Beatles dan mantan Presiden AS William Henry Harrison.

Baca juga: Archie Harrison, nama putra Pangeran Harry dan Meghan Markle

Keputusan Pangeran Harry dan Meghan Markle untuk memberi dua nama bagi sang bayi juga pilihan tak lazim, di mana sepupu-sepupunya diberi tiga nama, bahkan ayah dan pamannya, Pangeran William, punya empat nama.

Menurut Evans, tradisi memberi nama hingga tiga atau empat pada bayi kerajaan adalah kebiasaan sebagai penghormatan pada anggota kerajaan lain.

Evans mengatakan orang-orang Amerika mungkin lebih terkejut pada pilihan nama Archie yang tidak terlalu populer di AS. Nama itu lebih mungkin mengingatkan warga AS pada karakter fiksi, seperti Archie Bunker dari sitkom "All in the Family" atau Archie Andrews dari komik "Archie".
 
Bayi lak-laki dari Pangeran Harry dan Meghan Markle diperkenalkan di Istana Windsor, Berkshire, Rabu (8/5/2019). ANTARA FOTO/Dominic Lipinski/Pool via REUTERS/pras.


Biasanya keluarga kerajaan memilih nama yang diambil dari nama ratu dan raja terdahulu.

Namun, Meghan dan Harry yang sering mendobrak tradisi dikabarkan memikirkan nama yang tak lazim,  tapi relevan untuk Inggris dan Amerika Serikat, negara asal Meghan.

Dengan memutuskan untuk memanggil putra mereka Archie Harrison Mountbatten-Windsor, Duke dan Duchess of Sussex menyiratkan mereka tidak akan memberikan gelar untuk si sulung.

Sang bayi bisa punya gelar Earl of Dumbarton atau Lord Archie Mountbatten-Windsor, tapi dia hanya akan dipanggil Master Archie Mountbatten-Windsor.

Baca juga: Bayi laki-laki Pangeran Harry dan Meghan tampil perdana ke publik

Penerjemah: Nanien Yuniar
Editor: Alviansyah Pasaribu
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar