Jakarta (ANTARA) - Tahun ini tersedia ruas jalan tol baru, membuat animo masyarakat dalam menggunakan moda transportasi darat untuk mudik lebih tinggi, selain juga karena harga tiket pesawat yang makin melambung.

Berdasarkan data Badan Penelitian dan Pengembangan Perhubungan, jumlah masyarakat yang akan mudik tahun ini mencapai angka 32 juta orang. Jumlah pemudik yang menggunakan angkutan umum pada Lebaran 2019 diproyeksi mencapai 22,83 juta orang, meningkat 4,14 persen dari tahun sebelumnya.

Direktur Institut Studi Transportasi Darmaningtyas menuturkan keberadaan ruas tol Trans Jawa akan memperlancar arus lalu lintas dari wilayah Jabodetabek ke arah Jawa Tengah, DIY dan Jawa Timur pada mudik tahun ini.

Penyedia transportasi darat juga sudah menyiapkan diri untuk memenuhi permintaan masyarakat pada Lebaran 2019.

General Manager Day Trans, Yosepha, dalam keterangan pers, Kamis, mengatakan pihaknya sudah menyediakan paket mudik lebaran untuk orang-orang yang ingin pulang ke kampung halaman lewat jalur darat.

"Paket Mudik Lebaran yang kami sediakan harganya mulai dari Rp300.000-Rp400.000 untuk rute Jakarta-Yogyakarta/Semarang, keberangkatan mulai 29 Mei hingga 15 Juni 2019," kata dia.

Selain melalui cara konvensional, paket tersebut juga dapat dipesan melalui situs resmi atau aplikasi mobile.

Baca juga: Ada Tol Trans Jawa, penerbangan tambahan Garuda diperkirakan turun

Baca juga: Pengamat cemaskan Tol Trans Jawa "rasa Pantura"

Baca juga: Trans Jawa dan Trans Sumatera siap layani mudik

Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2019