Jakarta (ANTARA) - Sepuluh agen perjalanan Meksiko berharap dapat mengunjungi dan melihat langsung potensi pariwisata Indonesia, usai hadir dalam Travel Agents Gathering yang pertama kali diselenggarakan KBRI Mexico City.

Melalui keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Kamis, Duta Besar RI untuk Meksiko Cheppy T Wartono mengulas peran penting agen perjalanan tidak hanya dalam menaikkan jumlah kunjungan wisatawan, namun juga mendorong naiknya tingkat perekonomian dan people-to-people contact yang pada akhirnya turut mempererat hubungan antara dua negara.

Hal serupa diamini oleh Duta Besar Meksiko untuk Indonesia Armando G. Alvarez yang turut hadir dan berbincang dengan para agen perjalanan melalui video conference.

Dalam kegiatan ini, Kementerian Pariwisata RI pun turut mendukung melalui video yang khusus dibuat oleh Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran II Nia Niscaya untuk menyapa para peserta.

Dibuka dengan Tari Kembang Girang dari Bali, sambil menikmati sajian penganan khas Indonesia, yaitu nagasari, dadar gulung, kue ku, semar mendhem, putu ayu dan risoles, para agen perjalanan mendapat informasi dari Pelaksana Fungsi Penerangan, Sosial dan Budaya KBRI Mexico City mengenai “10 New Bali” yang sedang dipromosikan oleh Pemerintah Indonesia dan program Familiarization Trip (FamTrip) oleh Kementerian Pariwisata.

Selain itu, Pelaksana Fungsi Protokol dan Konsuler KBRI Mexico City turut memberi informasi mengenai bagaimana cara membawa pengunjung ke Indonesia, terutama terkait pengurusan visa dan dokumen lain yang sekiranya dibutuhkan.

Walaupun baru sekali diselenggarakan, kegiatan ini diharapkan dapat berkontribusi positif dan konkret dalam pertumbuhan jumlah wisatawan Meksiko yang mengunjungi Indonesia dan sebaliknya.

Saat ini sudah terdapat beberapa rute penerbangan yang memudahkan perjalanan antara kedua negara, antara lain melalui program code sharing antara Garuda Indonesia dengan AeroMexico.

Selain itu, para peserta kegiatan ini beharap dapat mengunjungi Indonesia dan berpartisipasi dalam program FamTrip untuk mengalami langsung keindahan dan keunikan Indonesia yang dapat mereka bagi kepada para calon wisatawan Meksiko.

Baca juga: Menpora minta dukungan Meksiko agar Indonesia jadi tuan rumah

Baca juga: Wamenlu Meksiko sebut fleksibilitas sebagai keunggulan MIKTA

Baca juga: Pemerintahan baru meksiko undang Indonesia dalam pembangunan

 

Pewarta: Yashinta Difa Pramudyani
Editor: Azizah Fitriyanti
Copyright © ANTARA 2019