Khusus untuk seksi 4 Tol Pandaan-Malang sepanjang 4,75 kilometer, akan dioperasikan secara fungsional
Malang, Jawa Timur (ANTARA) - PT Jasa Marga Pandaan Malang menyatakan Jalan Tol Pandaan-Malang khususnya seksi satu hingga tiga akan mulai dioperasikan pada saat menjelang perayaan Idul Fitri 1440 H, yang jatuh pada awal Juni 2019.

Direktur Utama PT Jasa Marga Pandaan Malang Agus Purnomo mengatakan Jalan Tol Pandan Malang seksi satu hingga tiga sepanjang 30 kilometer akan dioperasikan guna mempermudah mobilitas masyarakat yang mudik pada Lebaran mendatang.

"Nanti untuk mudik Lebaran, sudah beroperasi seksi 1,2, dan 3 sepanjang 30 kilometer," kata Agus kepada ANTARA di Malang, Kamis.

Agus menambahkan, khusus untuk seksi 4 Tol Pandaan-Malang sepanjang 4,75 kilometer, akan dioperasikan secara fungsional. Pengoperasian secara fungsional Tol Pandaan Malang seksi 4 tersebut direncanakan mencakup dua jalur baik dari arah Malang-Pandaan dan sebaliknya.

Menurut Agus, pembukaan secara fungsional seksi 4 Tol Pandaan-Malang diperkirakan mulai dilakukan pada H-7 menjelang Lebaran, dan diperkirakan berakhir pada H+7 setelah perayaan Idul Fitri 1440 H.

"Untuk seksi 4 fungsional sepanjang 4,75 kilometer. Rencananya, pada H-7 hingga H+7 untuk dua arah," ujar Agus.

Ruas Jalan Tol Pandaan-Malang terbagi dari lima seksi, pada seksi satu menghubungkan Pandaan dengan Purwodadi di Kabupaten Pasuruan. Kemudian pada seksi dua, Purwodadi menuju Lawang, Kabupaten Malang, dan seksi tiga Lawang menuju Singosari, Kabupaten Malang.

Sementara untuk seksi empat dari Singosari menuju Pakis, Kabupaten Malang, dan seksi lima, Pakis menuju Kota Malang.

Pada perayaan Natal, Desember 2018, diberlakukan fungisonal ruas tol untuk satu jalur, yakni pada 21-25 Desember untuk jalur Pandaan-Malang, sedangkan pada 27-28 Desember dibuka untuk jalur Malang-Pandaan, dan pada 28-31 Desember 2018 difungsikan untuk jalur Pandaan-Malang.

Kecepatan kendaraan yang melintas saat itu dibatasi maksimal 60 kilometer per jam.

Baca juga: Jasa Marga tunggu hasil kajian kelaikan Tol Pandaan-Malang
Baca juga: Menteri PUPR: Tol Pandaan-Malang siap diresmikan

Pewarta: Vicki Febrianto
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2019