Waisai (ANTARA) - Masyarakat Kabupaten Raja Ampat, Provinsi Papua Barat memberikan apresiasi terhadap kinerja penyelenggara pemilu Komisi Pemilihan Umum, Bawaslu maupun pihak keamanan yang telah menjalankan pemilu 2019 secara transparansi, jujur, dan demokratis.

Tokoh Adat Suku Wawiyai, Adam Gaman di Waisai, Kamis mengatakan bahwa pelaksanaan pemilu serentak yang berlangsung di Raja Ampat berjalan aman dan lancar.

Menurut dia, tahapan pemungutan suara pada 204 TPS yang dilanjutkan pleno terbuka di tingkat PPD pada 24 distrik di Kabupaten Raja Ampat berjalan demokrasi dan kondusif.

Dikatakan, pleno rekapitulasi penghitungan suara pemilu tingkat KPU Kabupaten Raja Ampat berjalan lancar dan aman. Meskipun perbedaan pendapat dalam pelaksanaan pleno namun semua dapat diatasi.

Ia mengajak seluruh masyarakat Kabupaten Raja Ampat agar tetap menjaga keamanan dan mendukung pemerintah daerah melakukan pembangunan guna mewujudkan kesejahteraan masyarakat.

Ketua Kerukunan Keluarga Sulawesi Tenggara Raja Ampat, Zainudin juga memberikan apresiasi terhadap kinerja penyelenggara pemilu di Kabupaten Raja Ampat yang telah menuntaskan tugas dan tanggung jawab dengan baik.

"Partisipasi masyarakat Raja Ampat pada pelaksanaan pemilu tinggi karena kerja keras penyelenggara terutama KPU. Pelaksanaan pemilu juga berjalan lancar, jujur dan demokrasi," ujarnya.

Pewarta: Ernes Broning Kakisina
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2019