Liga Spanyol

La Liga cetak pendapatan terbesar dalam sejarahnya

La Liga cetak pendapatan terbesar dalam sejarahnya

Lionel Messi mengangkat trofi juara La Liga 2018-2019 (REUTERS/Albert Gea)

Jakarta (ANTARA) - Liga sepak bola Spanyol, La Liga, mengumumkan Kamis ini bahwa klub-klub liga utama Spanyol ini mencatat rekor pendapatan terbesar 4,4797 miliar euro selama musim 2017-2018.

Angka itu 30,6 persen lebih tinggi dibandingkan dengan musim lalu yang sebesar 3,6 miliar euro dan untuk itu menjadi yang terbesar dalam sejarah kompetisi sepak bola Spanyol.

Ironisnya pemasukan yang melonjak ini bukan berasal dari perjanjian sponsor TV melainkan dari siklus domestik tiga tahunan kedua pada hak audio-visual yang diproyeksikan makin besar pada musim 2019-2020.

Pemasukan hak audio-visual ini melebihi angka 1,5 miliar euro yang untuk pertama kali dicapai musim ini.

Pendapatan komersial yang naik 34,1 persen menjadi 838 juta Euro dan pendapatan dari transfer pemain yang naik 104,3 persen menjadi 1,02 miliar Euro adalah dua penyumbang utama tumbuh kuatnya kinerja keuangan La Liga yang tahun depan diperkirakan naik kembali.

Struktur profesional La Liga mempengaruhi produk domestik bruto (PDB) Spanyol yang menyumbang hampir 1,4 persen dari total PDB dan menciptakan lapangan pekerjaan untuk 185.000 orang baik langsung maupun tidak langsung, serta menyumbang pendapatan pajak sekitar 4 miliar Euro per tahun, demikian Reuters.

Baca juga: Adidas perpanjang sponsor jersey Real Madrid hingga 2028


 

Pewarta: Jafar M Sidik
Editor: Aditya Eko Sigit Wicaksono
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar