Jakarta (ANTARA) - Eintracht Frankfurt memaksa Chelsea menentukan pemenang semifinal Liga Europa di Stamford Bridge, Jumat dini hari WIB, dengan adu penalti setelah selama 120 menit kedua tim bermain seri 1-1 dalam agregat 2-2.

Dengan memasang tiga pemain paling ofensif di barisan depan, Chelsea langsung menggebrak sejak menit pertama namun baru bisa menciptakan gol pada menit ke-28 setelah Ruben Loftus-Cheek menciptakan gol keempatnya pada Liga Europa musim ini.

Eden Hazard menusuk benteng pertahanan Frankfurt dan setelah memperdaya barisan bek Frankfurt, dia mengirim umpan kepada Loftus-Cheek si gelandang Inggris yang tak ragu menjebolkan bola ke sisi kiri gawang Frankfurt meski kiper Kevin Trapp berusaha terbang menghalau bola.

Babak pertama leg kedua Chelsea melawan Frankfurt pun berakhir 1-0 untuk Chelsea. Untuk sementara The Blues unggul dalam agregat 2-1 setelah kedua tim seri 1-1 pada leg pertama di Frankfurt.

Pada awal babak kedua, giliran Frankfurt langsung menusuk untuk mengejar defisit gol di kandang lawan. Hasilnya empat menit sejak babak kedua mulai, Luka Jovic yang disebut sebagai salah satu penuntas terbaik di Eropa menciptakan gol balasan pada menit ke-49.

Bermain satu dua dengan rekannya sesama Serbia, Mijat Gacinovic, Jovic mengawali manuver dengan mengirimkan bola kepada Gacinovic yang balik diteruskan kepada Jovic yang kemudian memperdaya tembok belakang Chelsea yang tak bisa lagi mencegah Jovic menciptakan gol.

Setelah gol ini, The Blues meningkatkan tempo permainan tetapi selalu bisa dicegat Frankfurt, termasuk upaya pemain pengganti Pedro Rodríguez yang diblok Kevin Trapp pada masa injuri.

Pertandingan dilanjutkan ke 2x15 menit babak perpanjangan waktu karena kedua tim sama kuat dalam agregat 2-2.

Pada 15 menit pertama babak perpanjangan waktu, Chelsea terus menekan lawannya tetapi tak kunjung berhasil menjebol gawang Frankfurt. Sebaliknya pada menit ke-10 Haller nyaris menjebol gawang Arrizabalaga setelah tembakannya dimentahkan oleh bek David Luiz.

Dua menit sebelum babak perpanjangan waktu berakhir, Haller kembali mengancam gawang Chelsea ketika sundulannya dihalau Zappacosta.

15 menit kedua babak perpanjangan waktu, giliran Emerson Palmieri dari Chelsea yang mengancam Frankfurt sebelum Hinteregger mencegahnya sebelum bisa mengoyak gawang Trapp. Tak berapa lama Zappacosta mengancam gawang Frankfurt namun Trapp kembali menyelamatkan gawang tim tamu

Setelah ini, para pemain kedua tim yang disebut komentator UEFA kelelahan itu tak bisa menciptakan gol sehingga kedudukan 1-1 atau agregat 2-2 bertahan sampai babak tambahan selesai. Pertandingan pun dilanjutkan ke adu penalti.

Baca juga: Arsenal melenggang ke final disokong trigol Aubameyang

Baca juga: Chelsea, Arsenal bakal kukuhkan dominasi Inggris di Eropa

Pewarta: Jafar M Sidik
Editor: Gilang Galiartha
Copyright © ANTARA 2019