counter

Dinas Perhubungan Kapuas Hulu akan cek kelayakan angkutan mudik

Dinas Perhubungan Kapuas Hulu akan cek kelayakan angkutan mudik

Bandar Udara Pangsuma di Putussibau, Kapuas Hulu, Kalimantan Barat. Pengecekan kelaikan operasi juga akan dilakukan pada pesawat yang menerbangi rute Putussibau-Pontianak bekerja sama dengan otoritas Bandara Pangsuma. (ANTARA/Timotius)

Putussibau, Kapuas Hulu (ANTARA) -
Dinas Perhubungan Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat, akan mengecek kelayakan operasi kendaraan pengangkut pemudik menjelang Lebaran.

"Kami akan cek masing-masing armada angkutan umum, terutama untuk kelayakannya," kata Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Kapuas Hulu H Abdul Halim di Putussibau, Ibu Kota Kabupaten Kapuas Hulu, Jumat.

Halim mengatakan pemantauan kesiapan sarana transportasi darat, udara mau pun air rutin dilakukan menjelang arus mudik atau balik pada masa libur hari besar keagamaan.

Pemeriksaan kelayakan kendaraan, menurut dia, antara lain mencakup bus angkutan umum antar-kota, antar-kecamatan, dan antar-desa; serta pesawat yang menerbangi rute Putussibau-Pontianak. Pengecekan kelaikan operasi pesawat dilakukan bekerja sama dengan otoritas Bandara Pangsuma.

"Alhamdulillah dari pengalaman arus mudik dan balik tahun sebelumnya di Kapuas Hulu lancar-lancar saja, karena memang arus kendaraan tidak begitu padat," kata Halim.

Ia menambahkan pada tahun-tahun sebelumnya hanya sarana angkutan umum jalur sungai yang belum sepenuhnya layak dari sisi keamanan, karena masih ada yang belum menyediakan alat keselamatan penumpang seperti pelampung.

"Kami selalu mengimbau kepada pengemudi speed (boat) agar lebih mengutamakan keselamatan penumpang, untuk alat keselamatan penumpang juga keterbatasan anggaran daerah," kata Halim.

Ia menambahkan selama masa mudik dan balik Dinas Perhubungan Kapuas Hulu juga menyediakan pos pelayanan dan pengamanan bersama dengan kepolisian.

"Biasanya memang kami ada pos pelayanan dan pengamanan bersama TNI-Polri di Masjid Agung, perbatasan dan di daerah Silat wilayah Kapuas Hulu," katanya.

Baca juga:
Jalur mudik di Jalinsum OKU mulai diperbaiki
Pekalongan akan siapkan jalur alternatif antisipasi kemacetan

Empat kereta tiba terlambat di Stasiun Madiun

Pewarta: Teofilusianto Timotius
Editor: Maryati
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar