Bukalapak tambah fitur donasi digital Baznas

Bukalapak tambah fitur donasi digital Baznas

E-dagang Bukalapak dan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) mempublikasikan layanan donasi digitalnya di Jakarta, Jumat (10/5/2019). (ANTARA/ Anom Prihantoro)

Jakarta (ANTARA) - E-dagang Bukalapak menambah fitur donasi di laman dan aplikasinya bekerjasama dengan Badan Amil Zakat Nasional diharapkan memudahkan masyarakat menyalurkan dana sosialnya.

Direktur Utama Baznas Arifin Purwakananta dalam jumpa persnya di Jakarta, Jumat, mengatakan pihaknya merilis donasi digital melalui wadah Bukalapak seiring bulan Ramadhan sehingga memudahkan pengguna berzakat.

Dia mengatakan Baznas dan Bukalapak bermitra untuk inovasi mengumpulkan zakat dengan memanfaatkan teknologi. Inovasi pengumpulan dan penyaluran zakat harus terus digenjot termasuk melalui platform Bukalapak.

"Intinya kami ingin mendorong kedermawanan dari berbagai saluran digital, di rumah ibadah, tempat olah raga dan lainnya. Kedermawanan itu jalan menuju kebaikan. Zakat itu membawa kedamaian bukan karena uang tapi mereka yang menyumbang itu dituntut berdamai dengan hatinya," kata dia.

Menurut dia, mengumpulkan zakat melalui Bukalapak juga menjadi upaya untuk mempromosikan kedermawanan di kalangan anak muda yang sangat akrab dengan teknologi. Jika sebelumnya melalui e-dagang Bukalapak mereka berbelanja daring kini pengguna juga bisa berbagi melalui donasi.

Co-Founder and President Bukalapak Fajrin Rasyid mengatakan pihaknya berkolaborasi dengan Baznas menyediakan wadah penyaluran donasi dan zakat berbasis teknologi pintar yang dapat diakses dengan mudah, cepat dan aman.

Dia mengatakan Bukalapak bersama Baznas mengadakan program Paket Ramadan Bahagia yang menyalurkan donasi para pengguna dalam bentuk paket sembako dan alat ibadah kepada para Mustahik untuk dapat merayakan Idul Fitri.

Di samping itu, kata dia, Bukalapak juga menghadirkan fitur Zakat yang memudahkan para pengguna yang ingin menunaikan kewajiban zakat seperti zakat fitrah, zakat mal dan zakat profesi di aplikasi Bukalapak. Para pengguna Bukalapak dapat memilih Baznas sebagai lembaga terpercaya untuk menyalurkan Zakat tersebut.

Masyarakat juga dapat menunaikan zakat maupun infaknya melalui fitur Bukamall, Buka Donasi dan Check out Donation di Bukalapak.

Pewarta: Anom Prihantoro
Editor: Triono Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar