counter

Hakka Aceh salurkan 2.035 paket Ramadhan bagi keluarga miskin

Hakka Aceh salurkan 2.035 paket Ramadhan bagi keluarga miskin

Terlihat aktifitas pembagian paket Ramadhan di Kantor Hakka Aceh di Penayong, Banda Aceh, Sabtu (11/5/2019). Antara Aceh/ Said

Banda Aceh (ANTARA) - Yayasan Hakka Aceh yang menaungi etnis Tionghoa dari berbagai agama, menyalurkan total 2.035 paket Ramadhan 1440 Hijriah bagi masyarakat miskin di tiga daerah di provinsi paling barat Indonesia ini.

"Yang paling penting kegiatan ini makin memperkuat rasa toleransi antaretnis di Aceh, " kata Ketua Yayasan Hakka Aceh, Kho Khie Siong di Banda Aceh, Sabtu.

Kho Khie Siong yang biasa disapa Aky menyalurkan paket Ramadhan secara simbolis di Kantor Hakka Aceh di Penayong, setelah dibuka Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman yang diwakili Camat Kuta Alam Fahmi Anshary, dan dihadiri sejumlah pejabat terkait.

Ia mengaku, pemberian paket bantuan bagi keluarga kurang mampu di Aceh ini telah berlangsung delapan tahun terakhir secara berturut-turut, dan kali ini ada tiga daerah penerima meliputi Banda Aceh, Aceh Besar, dan Aceh Utara.

Paket yang disalurkan di bulan suci bagi umat Muslim berupa beras, mie instan, dan lain sebagainya.

Ia menjelaskan, jumlah paket selalu bertambah setiap tahun dari awal mulanya hanya 500 paket kemudianmeningkat menjadi 2.000 paket di 2018 dan tahun ini 2.035 paket.

"Kami patut bersyukur, karena antusiasme donatur terdiri dari keluarga besar. Terutama mereka yang sekarang tinggal dan memiliki bisnis usaha di Surabaya, Medan, dan Aceh sendiri," terang dia.

Menurut dia, kegiatan Ini menjadi bukti para donatur merupakan penduduk asli Aceh yang tidak melupakan kampung halamannya.

"Mereka menyisihkan sedikit harta demi meringankan beban saudara kita yang kurang mampu, dan sebagai bentuk kepedulian sesama," kata Aky.

Keuchik Gampong (Kepala Desa) Peunayong, Teuku Sabri Harun menilai, partisipasi etnis Tionghoa keturunan Aceh ini sangat antusias dalam membantu warga kurang mampu tidak hanya di bulan Ramadhan.

"Alhamdulillah, Penayong merupakan gampong keberagaman. Bahkan semua dari seluruh Indonesia bisa membantu kita. Masyarakat Tionghoa yang ada di Penayong hijrah ke luar dan sukses. Mereka kembali ingat kampung. Apalagi di bulan Ramadhan, mereka buat paket bantu orang miskin," katanya

Terpantau suasana ketika pembagian ribuan paket Ramadhan ini berlangsung secara tertib dengan penerima melakukan antrean, dan masing-masing memegang kupon untuk ditukarkan.

Baca juga: ACT Lampung-Global Zakat salurkan paket pangan
Baca juga: Masjid Gedhe Kauman siapkan ribuan paket buka puasa
Baca juga: ACT distribusikan paket pangan Ramadhan ke wilayah perbatasan Indonesia

Pewarta: Muhammad Said
Editor: Budhi Santoso
COPYRIGHT © ANTARA 2019

ACT salurkan 100 ton logistik untuk korban gempa Maluku

Komentar