Jakarta (ANTARA) - Para ahli kesehatan mengklaim bahwa minum air lemon setiap pagi dapat mempercepat metabolisme, membantu menurunkan berat badan serta menurunkan rsiko pembentukan batu ginjal.

Lemon penuh dengan vitamin C, kalium, serat, kalsium, vitamin B6, zat besi dan magnesium. Oleh karena itu, meminum air lemon di pagi hari memiliki banyak manfaat kesehatan bagi tubuh seperti yang akan dibahas berikut ini, menurut Boldsky, Sabtu.

1. Mencegah batu ginjal
Batu ginjal terbuat dari kalsium oksalat yang terbentuk di dalam ginjal. Sitrat, senyawa yang ditemukan dalam lemon diduga mencegah kalsium dari ikatan dengan senyawa lain yang membentuk batu. Air lemon mengandung sitrat dalam jumlah tinggi sehingga dapat membantu mengobati batu ginjal.

2. Meningkatkan kekebalan tubuh
Air lemon mengandung antioksidan seperti vitamin C yang melindungi sel dari kerusakan. Flavonoid yang hadir dalam lemon dikenal untuk meningkatkan sirkulasi darah dan mengurangi stres oksidatif dan kerusakan.

3. Membantu penurunan berat badan
Air lemon rendah kalori dan dapat membantu orang yang mencoba menurunkan berat badan. Minum air lemon di pagi hari dengan perut kosong membuat Anda kenyang dan meningkatkan metabolisme yang mempercepat penurunan berat badan.

4. Meningkatkan pencernaan
Minum air lemon hangat di pagi hari membantu memulai sistem pencernaan dan memungkinkan Anda untuk mencerna makanan lebih mudah serta mencegah penumpukan racun. Air lemon juga berfungsi sebagai pencahar yang dapat membantu mencegah sembelit.

5. Meningkatkan kesehatan mulut
Vitamin C (asam askorbat) dalam lemon dapat mengurangi pertumbuhan bakteri di mulut. Minum air lemon akan mengurangi bakteri di mulut dan membantu menjaga mulut tetap segar. Ini juga akan merangsang air liur Anda dan membantu mencegah terjadinya mulut kering yang dapat menyebabkan bau mulut.

6. Memberikan energi
Lemon mengandung jumlah kalium yang baik dan penting untuk berfungsinya sel dan metabolisme. Kalium adalah elektrolit yang memberi energi pada tubuh, membantu komunikasi saraf-otot dan membantu fungsi otot-otot.

7. Meningkatkan kesehatan kulit dan rambut
Vitamin C yang terkandung dalam lemon bermanfaat bagi kulit. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa peningkatan asupan vitamin C dikaitkan dengan lebih sedikitnya kerutan. Hal itu juga berfungsi untuk melawan kerusakan akibat radikal bebas.

Vitamin C juga berkontribusi pada sintesis kolagen, yang membantu membentuk jaringan ikat di bawah kulit. Vitamin C membantu penyerapan zat besi yang lebih baik, mineral yang dibutuhkan untuk pertumbuhan rambut.

Baca juga: Manfaat lemon, cegah flu sampai melawan kanker
 

Penerjemah: Maria Cicilia
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2019