Penajam (ANTARA) - Ulama dari Jakarta Syekh Ali Jaber mengisi ceramah agama pada buka puasa bersama di kediaman Bupati Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Abdul Gafur Mas'ud sebagai awal kegiatan Safari Ramadhan pemerintah kabupaten setempat.

"Saya ucapkan terima kasih kepada masyarakat yang hadir dalam kegiatan buka puasa bersama," kata Bupati Abdul Gafur Mas'ud ketika ditemui, Sabtu.

Bupati juga meminta agar masyarakat terus mendukung pembangunan di wilayah Penajam Paser Utara agar dapat lebih maju, modern dan religius.

Buka puasa bersama di rumah jabatan Bupati Penajam Paser Utara Jalan Unocal Nomor 1 Kelurahan Penajam tersebut dihadiri keluarga besar Bupati serta masyarakat setempat.

Acara yang dimulai pukul 15.30 WITA itu, diawali Shalat Ashar berjemaah, kemudian ceramah agama, selanjutnya berbuka puasa dirangkai Shalat Maghrib berjamaah dan makan malam.

Kegiatan buka puasa bersama pejabat dengan masyarakat itu merupakan Safari Ramadhan perdana Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara, yang dilaksanakan setiap tahun pada bulan puasa.

Kemudian Safari Ramadhan Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara akan dilanjutkan di delapan Masjid yang tersebar di empat kecamatan. Safari Ramadhan diakhiri  di kediaman Wakil Bupati Hamdam.

Dalam ceramahnya, Syekh Ali Jaber mengajak seluruh masyarakat Kabupaten Penajam Paser Utara memanfaatkan hidup dengan cara beramal.

Ia juga mengajak seluruh masyarakat untuk membuka pintu maaf di bulan Ramadhan, serta memperbanyak kegiatan amal baik agar tidak mubazir.

"Ada tiga kunci amal baik dalam hidup, pertama shalat lima waktu, membaca dan mengamalkan Al-Qur'an, serta memberi sedekah agar lebih dekat dengan Allah SWT," kata Syekh Ali Jaber.

Syekh Ali Jaber juga mengaku baru pertama kali menginjak tanah Benuo Taka (sebutan Kabupaten Penajam Paser Utara).*


Baca juga: Safari Ramadhan perdana Penajam hadirkan Syekh Ali Jaber

Baca juga: Belasan ribu umat Muslim hadiri Sambas Berzikir


 

Pewarta: Novi Abdi
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2019