Palembang (ANTARA) - Perbaikan jalan di Musi Banyuasin, Sumatera Selatan, hingga ke perbatasan Provinsi Jambi sudah dilakukan sejak pekan lalu untuk menyediakan infrastruktur yang layak dalam menyambut arus mudik Lebaran 2019.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono di Palembang, Sabtu mengatakan, Jalan Lintas Timur di Sumatera tepatnya Palembang-Jambi menjadi target utama karena mengalami kerusakan parah sejak beberapa bulan terakhir.

Bahkan, lanjut Menteri, diketahui banyak mobil dan truk terguling sehingga membuat kemacetan.

Basuki mengatakan timnya sudah memantau langsung ke jalan jurusan Sungai Lilin dan Bayung Lencir, Musi Banyuasin.

“Jalan Palembang batas Jambi, di Musi Banyuasin minggu lalu ini sudah mulai dikerjakan. Karena dua kali tender batal, saya sudah kirim Dirjen Bina Marga untuk mengecek,” kata Basuki setelah memantau Tol Pematang Panggang-Kayu Agung, Sumsel.

Ia mengatakan lantaran batalnya tender tersebut telah membuat target selesai pengerjaan menjadi molor. Seharusnya jalan di Musi Banyuasin itu sudah mulus pada awal Ramadhan untuk menyambut musim mudik lebaran.

“Batal ini karena ada yang tidak sesuai. Sekarang tender diulang lagi, sehingga pekerjaan pakai dana darurat dulu,” kata Basuki.

Selain mengurus ruas jalan Palembang-Jambi, Kementerian PUPR juga memperbaiki kerusakan jalan mulai dari Lampung hingga Palembang yang terbagi dalam 5 paket pengerjaan.

"Lima paket batal semua. Kalau ini ditabrak, takutnya jadi masalah. Kita mulai awal lagi, sekarang sedang tender," kata Basuki.

Meski dijumpai sejumlah kendala, Basuki menjamin bahwa sebelum lebaran semua ruas jalan di perbatasan Palembang-Jambi ini sudah selesai.

Jalan yang berlubang relatif kecil akan ditutup terlebih dahulu dengan aspal sembari menunggu proses tender rampung, kata dia.

Pewarta: Dolly Rosana
Editor: Heru Dwi Suryatmojo
Copyright © ANTARA 2019