Jakarta (ANTARA) - VfB Stuttgart memetik kemenangan 3-0 atas tamunya VfL Wolfsburg dalam laga pekan ke-33 Liga Jerman di Stadion Mercedes-Benz Arena, Stuttgart, Jerman, Sabtu, demi memastikan Hannover 96 dan FC Nuernberg terdegradasi.

Raihan tiga poin itu membuat Stuttgart kini mengantongi 27 poin dan mematutkan diri di peringkat ke-16 klasemen akhir, demikian catatan Liga Jerman.

Kemenangan Stuttgart membuat hasil positif yang diraih Hannover (21) yang mengalahkan SC Freiburg (33) dengan skor 3-0 tak berarti, apalagi kekalahan telak 0-4 yang diderita Nuernberg (19) dari tamunya Borussia Moenchengladbach.

Sementara Hannover dan Nuernberg dipastikan terdegradasi, Stuttgart nantinya akan berhadapan dengan tim peringkat ketiga klasemen akhir Bundesliga.2 dalam playoff promosi-degradasi setelah musim berakhir.

Gonzalo Castro, Anastasios Donis dan Daniel Didavi mencetak gol-gol yang mengantarkan kemenangan Stuttgart atas Wolfsburg.

Stuttgart harus menunggu hingga masa injury time babak pertama untuk membuka keunggulan atas Wolfsburg lewat tembakan jarak jauh Castro yang melesak ke sudut kiri atas gawang.

Keunggulan itu digandakan oleh Donis yang menyelesaikan umpan silang Didavi dari sisi kiri kotak penalti pada saat babak kedua baru berjalan 10 menit.

Didavi lantas mencatatkan namanya sendiri ke papan skor ketika ia menerima umpan Christian Gentner dan melepaskan tembakan yang memaksa kiper Pavao Pervan memungut bola lagi dari dalam gawangnya pada menit ke-83.

Wolfsburg cukup beruntung kekalahan itu tak membuat mereka tergeser dari urutan ketujuh klasemen, sebab di laga lain TSG Hoffenheim juga menelan kekalahan 0-1 melawan Werder Bremen.

Wolfsburg tetap di peringkat ketujuh dengan koleksi 52 poin dan unggul satu poin dari Hoffenheim (51) dalam perburuan satu tiket ke Liga Europa musim depan.

Baca juga: VAR tunda pesta juara Muenchen

Baca juga: Goetze jaga asa Dortmund dalam perburuan juara

Susunan pemain:

VfB Stuttgart (4-4-2): Rob-RObert Zieler; Benjamin Pavard, Ozan Kabak, Marc-Oliver Kempf, Emiliano Insua; Chadrac Akolo (Dennis Aogo), Gonzalo Castro, Christain Gentner, Alexander Esswein (Daniel Didavi); Anstasios Donis (Holger Badstuber), Nicolas Gonzalez
Pelatih: Markus Weinzierl

VfL Wolfsburg (4-3-3): Pavao Pervan; William (Josip Brekalo), Robin Knoche, Marcel Tisserand, Yannick Gerhardt (Daniel Ginczek); Maximilian Arnold, Josuha Guilavogui, Admir Mehmedi; Renato Steffen, Wout Weghorst, Felix Klaus (Yunus Malli)
Pelatih: Bruno Labbadia

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2019