Jakarta (ANTARA) - Borussia Moenchengladbach menggasak tuan rumah FC Nuernberg dengan skor 4-0 dalam laga pekan ke-33 Liga Jerman di Stadion Max-Morlock, Nuernberg, Jerman, Sabtu, demi memperbaiki posisinya di klasemen dan menempati zona Liga Champions.

Gladbach yang kini mengoleksi 55 poin berhasil naik ke peringkat keempat menggeser Bayer Leverkusen (55) yang gagal menang di laga lain, demikian catatan laman resmi Liga Jerman.

Posisi Gladbach bisa saja tergusur dan turun ke urutan kelima, jika Eintracht Frankfurt (54) menang atas tamunya FSV Mainz (37) pada Senin (13/5) dini hari WIB.

Sementara Nuernberg (19) dipastikan terdegradasi dari kasta tertinggi, bukan saja karena kalah, namun lantaran di laga lain VfB Stuttgart (27) mengantongi kemenangan.

Baca juga: Stuttgart petik kemenangan, pastikan Hannover-Nuernberg terdegradasi

Kendati tampil dominan, Gladbach baru bisa membuka keunggulan pada menit ke-56 umpan terobosan Jonas Hofmann berhasil diselesaikan oleh Josip Drmic.

Keunggulan tersebut berganda saat bek tuan rumah Lukas Muehl mencetak gol bunuh diri dalam situasi bola mati pada menit ke-63.

Dua menit berselang Thorgan Hazard memperbesar keunggulan Gladbach menjadi 3-0 lewat tembakan jarak dekatnya menyambut umpan tarik Ibrahiman Traore.

Denis Zakaria melengkapi kemenangan Gladbach menjadi 4-0 saat bola tembakan jarak jauhnya bersarang ke dalam gawang Christian Mathenia pada menit ke-80.

Kemenangan itu memastikan Gladbach setidaknya akan berlaga di Liga Europa musim depan, sembari berada di posisi terdepan dalam perbutan tiket Liga Champions yang tinggal tersisa satu lembar.

Baca juga: Goetze jaga asa Dortmund dalam perburuan juara

Baca juga: VAR tunda pesta juara Muenchen

Susunan pemain:

FC Nuernberg (4-4-2): Christian Mathenia; Robert Bauer, Lukas Muehl, Georg Margreitter, Tim Leibold; Virgil Misidjan (Ondrej Petrak), Patrick Erras, Hanno Behrens, Sebastian Kerk (Timothy Tillman); Eduard Loewen (Toerles Knoell), Mikael Ishak
Pelatih: Boris Schommers

Borussia Moenchengladbach (3-4-3): Yann Sommer; Matthias Ginter, Louis Beyer, Nico Elvedi; Oscar Wendt, Christoph Kramer (Tobias Strobl), Denis Zakaria, Florian Neuhaus (Jonas Hofmann); Josip Drmic, Ibrahima Traore (Alassane Plea), Thorgan Hazard
Pelatih: Dieter Hecking

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2019