counter

Liga Jerman

Niko Kovac tolak kambinghitamkan VAR

Niko Kovac tolak kambinghitamkan VAR

Ekspresi pelatih Bayern Muenchen Niko Kovac saat mendampingi timnya menghadapi RB Leipzig dalam laga lanjutan Liga Jerman di Stadion Red Bull Arena, Leipzig, Jerman, Sabtu (11/5/2019). (ANTARA/REUTERS/Kai Pfaffenbach)

Jakarta (ANTARA) - Pelatih Bayern Muenchen, Niko Kovac, menolak untuk mengkambinghitamkan VAR atas hasil imbang nirgol dalam laga pekan ke-33 melawan RB Leipzig di Red Bull Arena, Sabtu.

Ia bahkan mengakui bahwa keputusan wasit Manuel Grafe, yang menuruti anjuran VAR untuk menganulir gol tersebut sebagai keputusan yang tepat.

"Saya 'berteman' dengan VAR. Walaupun itu keputusan dalam situasi yang sangat ketat, tapi itu tepat," katanya dalam komentar purnalaga dilansir laman resmi Bayern Muenchen.

VAR menganulir gol gelandang serang Leon Goretzka pada menit ke-51 pertandingan, lantaran dalam prosesnya Robert Lewandowski terlebih dulu berada di posisi offside.

Baca juga: VAR tunda pesta juara Muenchen

Setelah itu, Muenchen memperoleh beberapa peluang namun gagal mengkonversikannya menjadi gol kemenangan.

Pun demikian, Kovac tetap memuji penampilan para pemain Muenchen yang disebutnya pantas memperoleh kemenangan.

"Kami sangat baik sejak menit ke-20. Kami jelas mendominasi dan mengendalikan pertandingan tanpa kecolongan apapun," kata Kovac.

"Kami melucuti pertahanan Leipzig dan menciptakan peluang, sayangnya hadiah kemenangan yang diburu tak kami dapatkan," ujar dia menambahkan.

Hasil itu membuat Muenchen batal menggelar pesta juara di markas Leipzig, terlebih di laga lain Borussia Dortmund juga menang atas lawannya.

Akibatnya, Muenchen kini mengoleksi 75 poin hanya unggul dua poin atas Dortmund (73) dan membutuhkan kemenangan di laga pamungkas untuk memastikan gelar juara.

Baca juga: Hasil-klasemen Liga Jerman, gelar juara ditentukan di pekan pamungkas

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Teguh Handoko
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar