Padang (ANTARA) - Masjid Nurul Islam di Padang, Sumatera Barat menyediakan takjil (menu buka puasa) dan nasi kotak gratis bagi masyarakat yang berkunjung ke masjid tersebut selama bulan Ramadhan 1440 Hijriah.

Seorang pengurus masjid Yul Nasri (60) di Padang, Sumbar Sabtu mengatakan kegiatan berbagi takjil dan nasi kotak gratis tersebut selalu diadakan setiap tahun selama bulan Ramadhan.

Pembagian takjil dan nasi kotak gratis di masjid yang beralamat di Jalan Kampung Jawa Dalam No.4 Padang itu terbuka untuk masyarakat umum yang singgah, khususnya bagi para musafir yang tidak sempat pulang ke rumah.

Setiap hari disediakan 50 paket nasi kotak. Biasanya nasi tersebut tidak pernah tersisa. Jika masyarakat yang datang melebihi kuota maka pengurus masjid akan mencarikan nasi kotak tambahan, ujarnya.

“Karena masjid dekat dari tempat pemesanan nasi kotak, jadi jamaah tidak terlalu lama menunggu,” katanya.

Selain nasi kotak gratis, juga tersedia takjil gratis seperti teh manis, kolak dan sebagainya yang dikirim oleh warga setempat.

Biasanya setelah menunaikan ibadah shalat magrib, dilanjutkan dengan buka bersama di dalam masjid.

Tikar di dalam masjid dilapisi dengan tikar plastik agar kerapian dan kebersihan masjid tetap terjaga.


Ia juga menambahkan mengenai dana yang digunakan untuk pembagian takjil dan nasi kotak gratis berasal dari sumbangan jamaah masjid, sumbangan masyarakat di Pasar Raya, dan para donatur lainnya yang tertera di dinding masjid.

“Karena masjid Nurul Islam terletak di dekat Pasar Raya pusat perbelanjaan masyarakat kota Padang,” jelasnya.

Salah seorang mahasiswa Lina (19) yang tengah menunggu waktu berbuka di masjid tersebut mengatakan tidak sempat pulang ke rumah karena terlalu lama belanja di pasar. Sehingga ia memilih berbuka di masjid.

“Senang dengan program pembagian takjil dan nasi kotak gratis. Bisa shalat dan buka puasa tepat waktu mengingat tempat tinggal yang cukup jauh,” sambungnya.


 
Baca juga: Koleksi Alquran besar Masjid Biak jadi objek ngabuburit Ramadhan
Baca juga: Korem Gorontalo bangun masjid untuk masyarakat




Pewarta: Laila Syafarud
Editor: Dewanti Lestari
Copyright © ANTARA 2019