Lubuk Basung (ANTARA) - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Agam, Sumatera Barat memiliki sejumlah program selama Ramadhan 1440 Hijriyah dalam membantu masyarakat, mensyiarkan bulan suci dan meningkatkan kualitas ibadah.

Ketua Baznas Agam, Eldi Zein di Lubukbasung, Minggu, mengatakan program-program itu, yakni, dai pelosok Ramadhan, wakaf Quran, itikaf bersama Baznas Agam, hidangan berkah Ramadhan, tebar paket Lebaran, paket pasar pabukoan, fitrah dan infak Ramadhan.

"Program ini merupakan agenda tahunan dari Baznas Agam," katanya.

Untuk menyukseskan program itu, Baznas Agam menjual program ke muzaki atau orang wajib membayar zakar melalui relawan.

Relawan dengan jumlah 16 orang itu ditempatkan di konter yang telah disediakan di daerah strategis seperti, Masjid Nurul Falah Lubukbasung, Bank Nagari Lubukbasung, Simpang Ampek Canduang, Budimart Gaduik, Kantor Baznas Agam di Belakang Balok Bukittinggi dan lainnya.

"Saat ini paket tersebut sudah ada yang terjual dan program akan dijalankan akhir Ramadhan nanti," tegasnya.

Ia menjelaskan satu paket dai pelosok dijual seharga Rp2 juta, wakaf Quran Rp75 ribu per orang, hidangan berkah Ramadhan Rp30 ribu per orang.

Sementara tebar paket lebaran Rp200 ribu sampai Rp300 ribu per paket dan paket pasar pabukoan Rp50 ribu per voucher.

Program ini untuk membantu masyarakat dalam menyambut Idul Fitri, mensyiarkan dakwah Ramadhan, meningkatkan kualitas ibadah dan lainnya. "Kami berharap program ini berjalan dengan baik sehingga tujuan akan tercapai nantinya," tambahnya.

Baca juga: 18 program Ramadhan Baznas layani 46.961 penerima zakat

Baca juga: Baznas targetkan himpun Rp10,5 miliar zakat di Agam-Sumbar

Pewarta: Altas Maulana
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2019