Bagi yang berminat, tidak ada syarat khusus. Asalkan sehat jasmani dan rohani, calon pemudik cukup menunjukkan KTP dan kartu keluarga untuk mendaftar. Pendaftaran dibuka hingga tanggal 10 Mei
Jakarta (ANTARA) - PT Pelabuhan Indonesia II (Persero) / IPC kembali mengadakan Mudik Bersama IPC Grup 2019 untuk warga Jakarta dan sekitarnya yang ingin merayakan Hari Raya Idul Fitri di kampung halaman.

“Bagi yang berminat, tidak ada syarat khusus. Asalkan sehat jasmani dan rohani, calon pemudik cukup menunjukkan KTP dan kartu keluarga untuk mendaftar. Pendaftaran dibuka hingga tanggal 10 Mei,” kata Sekretaris Perusahaan IPC Shanti Puruhita dalam keterangan resminya di Jakarta, Minggu.

Shanti menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan yang kesembilan kalinya, dengan jumlah peserta dari tahun ke tahun selalu bertambah. Tahun ini, IPC siap memfasilitasi sekitar 22.000  pemudik tujuan Jawa dan Sumatera.

“Program yang didukung oleh semua anak perusahaan IPC ini juga dimaksudkan untuk membantu program pemerintah, yang ingin menyediakan sarana transportasi mudik yang aman,” ujarnya.

Dia juga menambahkan bahwa mudik gratis ini merupakan bagian dari program Tanggung jawab Sosial Perusahaan (CSR) yang rutin digelar IPC setiap tahun. Kegiatan ini sekaligus wujud nyata program ‘BUMN Hadir untuk Negeri’.

Fasilitas mudik gratis ini terbuka untuk semua warga, dengan tujuan beberapa kota di Jawa dan Sumatera. Tak hanya mengantarkan pemudik ke kota tujuan, Mudik Bersama IPC Grup 2019 juga memberikan layanan angkutan balik bagi pemudik yang hendak kembali ke Jakarta setelah berlebaran.

Peserta Mudik Bersama IPC Grup 2019 akan diberangkatkan pada 29 Mei 2019 dari Pelabuhan Tanjung Priok. Sedangkan untuk angkutan balik ke Jakarta dijadwalkan berangkat dari kota asal masing-masing tanggal 9-12 Juni 2019.

Untuk mudik gratis ini, IPC menyediakan 406 bus berstandar pariwisata dengan tujuan beberapa kota utama di Jawa dan Sumatera.

Khusus bagi pemudik tujuan Surabaya dan Batam, IPC juga menyiapkan moda angkutan kapal laut, dengan total kuota 2.000 penumpang yang akan diberangkatkan pada 26 Mei 2019 untuk tujuan Batam dan 30 Mei 2019 untuk tujuan Surabaya.

“Selama di perjalanan pemudik mendapatkan makanan dan minuman, khususnya untuk sahur dan berbuka puasa. Peserta juga mendapatkan asuransi perjalanan,” kata Shanti.

 

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2019