Virginia (ANTARA) - Seorang pria yang dituduh melakukan serangan dengan golok terhadap para pendaki di jalur Appalachian di Virginia dan menyebabkan seorang korban tewas serta seorang lainnya luka berat, ditahan dengan dakwaan pembunuhan dan penyerangan.

Pihak berwenang federal Amerika Serikat dan negara bagian setempat menyatakan, Minggu.

Tersangka, James Jordan (30) asal dari Cape Cod , sebuah kota di West Yarmouth, Massachusetts, ditahan pada Sabtu pagi hari di salah satu bagian jalur yang membentang di Wythe County, Virginia, di pegunungan Blue Ridge, kata petugas.

Penahanan dilakukan segera setelah dua pendaki melaporkan ke petugas setempat dengan mengatakan "Ada seorang pria yang membawa golok menyerang orang-orang di jalur Appalachian di Wyte County," kata petugas di kantor sheriff setempat.

Pernyataan petugas menyebutkan seorang pria dan seorang perempuan terluka dalam serangan tersebut, tetapi tidak memberikan informasi lebih lanjut. Dalam pernyataan terpisah yang dikeluarkan oleh kantor penuntut umum Ameria Serikat di Distrik Barat Virginia disebutkan bahwa serangan tersebut membuat seorang korban meninggal dunia dan seorang lainnya luka parah.

Penuntut umum federal mengatakan bahwa Jordan telah dituntut dengan satu pasal pembunuhan dan pasal lain penyerangan dengan niat membunuh sesuai kekuasaan hukum di Amerika Serikat.

Tidak disebutkan latar belakang perbuatannya, juga apakah penyelidik percaya bahwa serangan dilakukan dengan sasaran tertentu atau secara acak.

Bagian dari jalur pendakian tersebut masih ditutup.

Serif Wyte County, Keith Dunagan mengatakan kepada stasiun televisi WSLS-TV yang terhubung dengan CNN bahwa pihak berwenang berhasil menjangkau lokasi korban penyerang dengan menggunakan GPS, teknologi satelit, setelah korban mengirim pemberitahuan kegawat-daruratan melalui teleponnya.

Perempuan yang terluka ditemukan setelah dia berjalan kaki sejauh 10 kilometer dengan mengucurkan darah dari lukanya, ditemukan oleh pendaki lain yang menolongnya, kata Dunagan kepada WSLS.

Jordan dijadwalkan dihadapkan ke sidang pengadilan pertamakali pada Senin di pengadilan distrik di Abingdon, Virginia, sekitar 386 di barat daya Charlottesville, Virginia.

Kasus ini dibawah pemeriksaan penyelidik di kantor serif, kepolisian negara bagian, dinas kehutanan Amerika Serikat dan Biro Penyelidik Pusat.

Dirancang sebagai jalur nasional yang indah jalur tersebut merupakan jalan setapak yang tidak rata sepanjang 3.540 km di Gunung Appalachian melewati 14 negara bagian dari Georgia ke Maine.
Pengelolaan dilakukan bersama antara Dinas Kehutanan, Dinas Taman Nasional, lembaga nirlaba untuk Perlindungan Alam Jalur Appalachian dan banyak lembaga-lembaga lain serta ribuan relawan.

Lebih dari tiga juta orang melewati sebagian jalur tersebut setiap tahun dan lebih dari tiga ribu orang berusaha mendaki seluruh jalan setapak itu setiap tahun, menurut badan Perlindungan Alam.

Elevasi total atau jumlah seluruh jalur penanjakan tersebut diselesaikan pada 1937, jaraknya setara dengan mendaki ke Mount Everest sebanyak 16 kali, demikian badan Perlindungan Alam.

Sumber: Reuters

Baca juga: Ratusan Mahasiswa AS peringati peristiwa Charlottesville
Baca juga: Tiga tewas dalam kerusuhan di Virginia, AS
Baca juga: Dua wartawan Virginia yang ditembak itu disayangi koleganya

Penerjemah: Maria D Andriana
Editor: Chaidar Abdullah
Copyright © ANTARA 2019