counter

Presiden sebutkan Tol Pandaan-Malang dorong pariwisata Malang Raya

Presiden sebutkan Tol Pandaan-Malang dorong pariwisata Malang Raya

Presiden Joko Widodo saat memberikan keterangan kepada media usai meresmikan Tol Pandaan-Malang seksi 1-3, di Gerbang Tol Singosari, Kabupaten Malang, Senin, (13/5/2019). (Vicki Febrianto)

Kita harapkan, Malang Raya sebagai pusat pariwisata dan bidang pendidikan, ini akan membantu sekali untuk pengembangan di bidang pariwisata dan pendidikan itu
Malang, Jawa Timur (ANTARA) - Diresmikannya ruas jalan Tol Pandaan-Malang seksi 1 hingga 3 oleh Presiden Joko Widodo, diharapkan mampu mendorong pengembangan sektor pariwisata dan pendidikan khususnya di wilayah Malang Raya.

"Kita harapkan, Malang Raya sebagai pusat pariwisata dan bidang pendidikan, ini akan membantu sekali untuk pengembangan di bidang pariwisata dan pendidikan," kata Jokowi, usai meresmikan Tol Pandaan-Malang seksi 1-3, di Singosari, Kabupaten Malang, Jawa Timur, Senin.

Dalam kesempatan itu, Jokowi menambahkan, dengan rampungnya pembangunan ruas tol seksi 1-3 tersebut, juga akan mempermudah serta mempercepat mobilitas barang, jasa, dan lainnya. Dengan kondisi yang semakin efisien tersebut, diharapkan biaya juga akan semakin murah.

Ruas jalan tol Pandaan-Malang terbagi dari lima seksi, pada seksi satu menghubungkan Pandaan dengan Purwodadi di Kabupaten Pasuruan. Kemudian pada seksi dua, Purwodadi menuju Lawang, Kabupaten Malang, dan seksi tiga Lawang menuju Singosari Kabupaten Malang.

Sementara untuk seksi empat dari Singosari menuju Pakis Kabupaten Malang, dan seksi lima, Pakis menuju Kota Malang. Direncanakan, setelah lima seksi tersebut rampung, jalan tol tersebut akan diperpanjang hingga wilayah Malang selatan, atau menuju arah Kepanjen, Kabupaten Malang.

"Untuk Tol Kepanjen, baru masuk tahap feasibility study," ujar Presiden.

Pada Senin (13/5), Jokowi meresmikan Tol Pandaan-Malang seksi 1-3 sepanjang 31 kilometer. Sedangkan untuk seksi 4 dan 5, saat ini masih dalam tahap penyelesaian sepanjang 7,48 kilometer. Secara keseluruhan, Tol Pandaan-Malang memiliki panjang 38,5 kilometer.

Lebih mendetil, untuk seksi 1 adalah Pandaan hingga Purwodadi sepanjang 15,5 kilometer, seksi 2 Purwodadi-Lawang sepanjang 8,05 kilometer, seksi 3 Lawang-Singosari sepanjang 7,10 kilometer, Seksi 4 Singosari-Pakis sepanjang 4,75 kilometer, dan Seksi 5 Pakis-Malang sepanjang 3,11 kilometer.

Baca juga: Jasa Marga berikan diskon 15 persen tol Pandaan-Grati
Baca juga: Rambu Jalan Tol Pandaan-Malang mulai terpasang
Baca juga: Tol Pandaan-Malang bakal beroperasi saat Lebaran

 

Pewarta: Vicki Febrianto
Editor: Ahmad Buchori
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Tol Mapan berlakukan tarif mulai 9 Agustus

Komentar