counter

Bamsoet pastikan tidak ada revisi UU MD3

Bamsoet pastikan tidak ada revisi UU MD3

Ketua DPR Bambang Soesatyo (kanan) disaksikan Wakil Ketua Fahri Hamzah (kedua kanan), Agus Hermanto (tengah), Fadli Zon (kedua kiri), dan Utut Adianto (kiri) menyampaikan pidato pada Rapat Paripurna Ke-16 DPR masa sidang V di Jakarta, Rabu (8-5-2019). (ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso)

Jakarta (ANTARA) - Ketua DPR RI Bambang Soesatyo menyatakan pihaknya tidak akan merevisi Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2014 tentang MPR, DPR, DPD, dan DPRD (UU MD3) hingga DPR RI periode 2014 sampai dengan 2019 berakhir.

"Saya sebagai Ketua DPR memastikan tidak ada perubahan UU MD3 karena saya yang menggolkan dan mengubahnya agar partai politik pemenang pemilu langsung menjadi Ketua DPR RI," kata Bamsoet di kompleks Gedung MPR/DPD/DPR RI, Jakarta, Senin.

Dalam UU MD3 yang berlaku saat ini, kata dia, Ketua DPR pasca-Pemilu 2019 adalah parpol pemenang pemilu.

Untuk kursi Wakil Ketua DPR, lanjut  Bamsoet, adalah suara parpol yang memperoleh suara yang lolos parlemen.

"Ketuanya adalah parpol pemenang pemilu, lalu dua, tiga, empat, dan lima itu adalah nomor perolehan suara parpol yang masuk ke DPR," ujarnya.

Sementara itu, untuk kursi pimpinan MPR RI, koalisi maupun nonkoalisi bisa memiliki kesempatan membuat paket pimpinan MPR.

Pewarta: Imam Budilaksono
Editor: D.Dj. Kliwantoro
COPYRIGHT © ANTARA 2019

MPR sepakat pelantikan kepala negara digelar pukul 14.30 WIB

Komentar