Menhan: Waspadai ancaman terhadap ideologi negara

Menhan: Waspadai ancaman terhadap ideologi negara

Menteri Pertahanan Ryamrizard Ryacudu (tengah), berfoto bersama jajaran Pejabat Kepala Kantor Wilayah Kementerian Pertahanan RI di Kantor Kementerian Pertahanan RI, Jakarta Pusat, Senin (13/5/2019). (Dea N Zafhira)

Jakarta (ANTARA) - Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu meminta jajaran Kepala Kantor Wilayah Kementerian Pertahanan (Kakanwil Kemhan) untuk memprioritaskan dan mewaspadai ancaman terhadap ideologi negara, Pancasila.

"Terdapat tiga ancaman negara, yakni ancaman nyata, belum nyata, dan ancaman mindset, mengubah ideologi," jelas Menhan pada Pengarahan dan Pembekalan Kakanwil Kemhan di Jakarta, Senin.

Dalam pengarahannya, Menteri Ryamrizard menekankan bahwa Pancasila merupakan landasan fundamental kekuatan pemersatu bangsa, guna menjaga NKRI dari berbagai tantangan dan ancaman yang masih akan terus berlangsung.

Ancaman mindset atau ideologi, lanjut dia, dapat disebarkan melalui lingkup kecil akademik seperti sekolah maupun universitas.

"Maka dari itu, diperlukan adanya suatu konsep penanaman wawasan kebangsaan yang kuat dan final kepada seluruh rakyat Indonesia agar tidak mudah terpengaruhi atau terprovokasi," kata Ryamizard

Untuk itu, Menhan menekankan kepada Kakanwil Kemhan seluruh Indonesia yang hadir untuk mengerti dan memahami tugas pokoknya, serta membangun sinergi yang kokoh dan harmonis dengan aparat Pemerintah Daerah, Kodam, dan aparat keamanan lainnya.

Selain jajaran pejabat Kakanwil Kemhan, pengarahan tersebut turut dihadiri pejabat perwakilan dari TNI dan Pejabat Eselon I dan II di lingkungan Kemhan.

Pewarta: Dea N Zhafira, M Arief Iskandar
Editor: Unggul Tri Ratomo
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Jokowi resmikan Tugu Api Semangat Indonesia Merdeka Tidak Pernah Padam

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar