Riyadh, Arab Saudi (ANTARA) - Sejumlah negara Arab Ahad (12/5) mencela serangan terhadap empat kapal barang di dekat perairan Uni Emirat Arab di Teluk Oman, sebelah timur Fujairah, dan di perairan ekonomi UAE untuk menyabot operasi.

Di dalam pernyataan terpisah, Bahrain, Mesir dan Jordania menggambarkan peristiwa tersebut sebagai peningkatan dan perkembangan serius yang mencerminkan keinginan jahat semua pihak yang merencanakan dan melakukan operasi itu, kata Kantor Berita Arab Saudi, SPA --yang dipantau Antara di Jakarta, Senin siang. Tujuan serangan itu, kata ketiga negara Arab tersebut, ialah mengancam keselamatan kapal yang melakukan pelayaran di wilayah itu dan mengancam nyawa warga sipil yang menjadi anggota awak kapal.

Kementerian luar negeri ketiga negara tersebut menyampaikan dukungan buat pihak UAE, dan menyeru masyarakat dunia serta pemerintah internasional yang bertugas menangani pelayaran agar melaksanakan tanggung-jawab hukum dan politik mereka guna mencegah siapa pun mengutak-atik keamanan dan keselamatan pelayaran di wilayah penting itu.

Kementerian tersebut menegaskan bahwa kegiatan tidak bertanggung-jawab semacam itu dipastikan akan meningkatkan ketegangan dan pergolakan di wilayah tersebut serta membahayakan kepentingan rakyat mereka.

Sumber: Saudi Press Agency

Baca juga: Dewan Kerja Sama Teluk kutuk aksi sabotase di dekat perairan UAE
Baca juga: Menteri Energi Arab Saudi cela serangan terhadap dua tangker Riyadh
Baca juga: Mesir kecam aksi sabotase di dekat perairan UAE

Penerjemah: Chaidar Abdullah
Editor: Maria D Andriana
Copyright © ANTARA 2019