Tertembusnya tingkat dukungan penting atau 6.000 dolar AS minggu lalu telah memicu minat di kalangan investor
London (ANTARA) - Bitcoin melayang di atas 7.000 dolar AS pada perdagangan Senin, mendekati level tertinggi sembilan bulan, ketika reli mata uang kripto (cryptocurrency) 2019 meningkat dengan kuat.

Bitcoin terakhir naik 1,1 persen pada 7.056 dolar AS di bursa Bitstamp setelah melonjak 14 persen pada perdagangan Sabtu (11/5/2019) - lompatan harian terbesar kedua tahun ini - ke level tertinggi sejak awal Agustus, dikutip dari Reuters.

Analis dan pedagang mengatakan langkah besar selama akhir pekan tampaknya bukan akibat dari faktor berita langsung.

David Thomas, dari pialang mata uang kripto yang berbasis di London, GlobalBlock, mengatakan tertembusnya tingkat dukungan penting atau 6.000 dolar AS minggu lalu telah memicu minat di kalangan investor.

Pelaku pasar lain mengatakan persepsi ketahanan bitcoin setelah pencurian 40 juta dolar AS minggu lalu dari bursa utama Binance mendukung sentimen. Pasar mata uang kripto sebelumnya jatuh setelah pelanggaran keamanan tingkat tinggi.

Harga Bitcoin hampir dua kali lipat tahun ini, menggarisbawahi volatilitasnya setelah terpukul pada tahun 2018. Tahun lalu, Bitcoin kehilangan sekitar tiga perempat nilainya di tengah ketatnya regulasi di seluruh dunia.

Baca juga: Facebook kembangkan mata uang kripto untuk transfer lewat WhatsApp?

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2019