Jakarta (ANTARA) - Cleveland Cavaliers membajak pelatih kepala tim bola basket Universitas Michigan, John Beilein, untuk mengisi pos yang ditinggalkan pelatih semenjak habisnya kontrak Larry Drew.

Dilansir ESPN, Beilein dan Cavaliers, menyepakati kontrak berdurasi lima tahun pada Minggu (12/5) dan telah menyampaikan keputusannya itu kepada pihak Universitas Michigan pada Senin pagi waktu setempat.

Akun twitter resmi tim basket putra Universtias Michigan juga sudah mengonfirmasi hal tersebut dengan cuitan tribute untuk Beilein.
Ini merupakan pekerjaan pertama Beilein di NBA setelah lebih banyak memenangkan tim SMA maupun tingkat universitas sejak 1975 dan tak pernah menjadi asisten pelatih.

Beilein menangani Michigan Wolverines --tim bola basket putra Universitas Michigan-- sejak 2007 dan dua kali membawa tim itu dua kali mencapai partai final NCAA (liga universitas) pada 2013 dan 2018, namun selalu kalah.

Pada 2013 Wolverines ditundukkan Louisville Cardinals 76-82 dan tahun 2018 takluk 62-79 di tangan Villanova Wildcats. Namun, musim ini Wolverines terhenti di putaran 16 besar alias Sweet Sixteen di tangan Texas Tech Red Raiders.

Selama melatih di tingkat universitas, pelatih berusia 66 tahun itu memiliki catatan 829 kemenangan dan 468 kekalahan (829-468).

Setelah empat musim sebelumnya selalu tampil di final NBA dan mengakhiri paceklik gelar kota Cleveland dengan meraih trofi Larry O'Brien pada 2016 lalu, Cavaliers ditinggal megabintang LeBron James.

Kepergian James diikuti sejumlah pemain lainnya, membuat Cavaliers berakhir di peringkat ke-14 klasemen musim reguler Wilayah Timur dengan raupan hanya 19 kemenangan dalam 82 pertandingan.

Baca juga: Lakers dilaporkan pinang Frank Vogel

Baca juga: Tembakan "buzzer-beater" Leonard antar Raptors ke final Timur

Baca juga: Blazers kehilangan Rodney Hood

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2019