Pengangguran dan kemiskinan masih menjadi masalah signifikan di Kabupaten Serang. Karang Taruna merupakan ujung tombak pembangunan di tingkat desa, maka sinergi bersama sangat kami butuhkan,
Serang (ANTARA) - Bupati Serang, Ratu Tatu Chasanah meminta kepada Karang Taruna agar menjadi garda terdepan dalam pembangunan, sebab pemuda akan menjadi estafet kepemimpinan dimasa yang akan datang.

“Sinergi harus dilakukan, kita fokus pada persoalan sosial dan ekonomi masyarakat,” katanya saat acara Musyawarah Daerah Karang Taruna Kabupaten Serang, di Serang, Senin.

Ia menyatakan, Pemkab Serang akan terus bersinergi dengan Karang Taruna. Karang Taruna harus menjadi garda terdepan dalam melakukan perubahan dan pemberdayaan masyarakat

Tatu meminta Karang Taruna Kabupaten Serang bersinergi dengan organisasi perangkat daerah (OPD). Yakni Dinas Pertanian, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan, Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan, Dinas Sosial serta Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa.

“Pengangguran dan kemiskinan masih menjadi masalah signifikan di Kabupaten Serang. Karang Taruna merupakan ujung tombak pembangunan di tingkat desa, maka sinergi bersama sangat kami butuhkan,” ujarnya.

Selain itu, kata dia Karang Taruna juga harus mampu merubah mindset kaum muda. Jangan menjadi cengeng dalam menghadapi perkembangan zaman.

"Karang Taruna juga harus mampu menjadi leader dalam pembangunan, jangan menjadi cengeng, dimasa kini pemuda harus mampu membuka peluang usaha untuk membantu program pembangunan pemerintah daerah," ujar Tatu.

Ketua Karang Taruna Kabupaten Serang masa bakti 2019-2024, Bahrul Ulum menyatakan Karang Taruna merupakan organisasi sosial sekaligus tempat bernaung para pemuda untuk lebih berdaya dan berkontribusi bagi pembangunan daerah.

”Ke depan, pemuda tidak menjadi objek, tetapi subjek pembangunan. Sinergi dengan pemerintah daerah pun harus dilakukan lebih baik lagi,” katanya.

Wakil Ketua Karang Taruna Provinsi Banten, Pilar Saga Ichsan menyatakan, semua kader Karang Taruna harus mengikuti perkembangan, seiring dengan revolusi industri 4.0.

“Organisasi ini sangat besar dan ke depan harus punya program yang berkualitas, serta melakukan akselerasi pembangunan di Kabupaten Serang,” ujarnya.
 

Pewarta: Sambas
Editor: Hendra Agusta
Copyright © ANTARA 2019