Baturaja (ANTARA) - Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan, mendapat kuota tambahan sebanyak 61 calon haji  yang akan diberangkatkan ke Tanah Suci Mekah tahun ini.

"JCH OKU yang dijadwalkan akan berangkat haji tahun ini bertambah 61 orang sehingga totalnya berjumlah 444 orang dari sebelumnya 383 calon," kata Kasubag TU Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Ogan Komering Ulu (OKU) Fachrul Amin di Baturaja, Selasa.

Dia menjelaskan, penambahan puluhan calon haji ini terdiri atas jemaah lansia, pendamping dan jemaah cadangan yang sebelumnya sudah melakukan pelunasan Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) di bank penerima setoran.

"61 orang calon yang masuk kuota haji tambahan semuanya sudah melunasi BPIH," ujarnya.

Dia mengemukakan, 61 calon tambahan tersebut berasal dari enam kecamatan yang ada di Kabupaten OKU meliputi Kecamatan Baturaja Timur sebanyak 11 orang, Lubuk Raja empat orang dan Peninjauan tiga orang.

"Kemudian Kecamatan Sinar Peninjauan sebanyak lima orang, Baturaja Barat empat orang dan satu jemaah berasal dari Kecamatan Lengkiti," ujarnya.

Keberangkatan ratusan calon haji asal Kabupaten OKU ini, lanjut dia, nantinya terbagi dalam delapan rombongan yang akan diberangkatkan ke Tanah Suci guna menjalankan ibadah haji.

"Masing-masing rombongan terdiri atas 45 orang," ujarnya.

Dia mengimbau kepada seluruh jemaah agar mempersiapkan diri serta menjaga kesehatan sebelum diberangkatkan dan selama menjalankan ibadah haji di Tanah Suci Mekah.

"Para JCH diharapkan tetap menjaga kesehatan agar lebih khusuk selama menjalankan ibadah haji," ujarnya.(*)

Pewarta: Edo Purmana
Editor: Masuki M. Astro
Copyright © ANTARA 2019