Jakarta (ANTARA) - Volkswagen akan berinvestasi 1 miliar euro untuk memproduksi sel baterai mobil listrik di Jerman

Dalam sebuah pernyataan, Volkswagen berencana mendirikan pabrik baterai di Lower Saxony, yang dibangun dengan konsep kemitraan multi brand.

Untuk saat ini, sel baterai bagaikan medan pertempuran utama industri otomotif karena banyak produsen kendaraan beralih menggunakan tenaga listrik. Saat ini mereka masih meminta pasokan dari pabrikan Asia.

Dilansir dari Reuters, Selasa, Volkswagen sedang mencari opsi untuk bisnis MAN Energy Solutions, yang membuat mesin diesel besar untuk kapal dan generator listrik, serta pembuat transmisi Renk, termasuk untuk perusahaan patungan, kemitraan, penjualan penuh atau sebagian.

Reuters melaporkan, awal bulan ini Volkswagen telah mendekati beberapa perusahaan untuk mengukur minat mereka dalam membeli MAN Energy Solutions, yang diperkirakan akan mencapai angka sekitar 3 miliar euro.

Langkah itu merupakan salah satu upaya Chief Executive Volkswagen, Herbert Diess untuk melangsingkan grup yang memiliki 12 merek, truk, bus, sepeda motor, mobil, dan sepeda listrik sebagai bagian dari bisnisnya.

“Mengingat semakin kompleksnya industri kita dan tantangan yang terkait, sangat penting untuk fokus pada bisnis inti kami,” kata Ketua Dewan Pengawas, Hans Dieter Poetsch.

Baca juga: Asia dominasi produksi baterai mobil listrik global

Baca juga: Samsung siapkan baterai besar di Galaxy Note 10

Baca juga: VW dorong mitra usaha bangun pabrik baterai
Pewarta:
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2019