Jayapura (ANTARA) - Tim SAR, Selasa menemukan kapal cepat (speedboat) atau long boat yang berpenumpang 37 warga Asmat di perairan Kabupaten Mimika dalam keadaan selamat.

Para korban yang menggunakan kapal cepat dengan mesin berkekuatan 40 PK itu Kamis (9/5) dilaporkan hilang dalam perjalanan ke Timika, kata Kabid Humas Polda Papua Kombes Ahmad Kamal kepada Antara di Jayapura, Selasa.

Dikatakan, kapal berisi 37 penumpang itu dilaporkan hilang saat berada di sekitar muara Timika, namun Selasa pagi sekitar pukul 05.00 WIT, salah satu korban yakni Abi Amkai menelpon keluarganya dan memberitahukan bila mereka baik-baik saja setelah perahu yang ditumpangi hanyut terbawa angin.

Abi dalam keterangannya yang diungkap keluarganya Yuven menyampaikan bila mereka ditolong kapal milik nelayan yakni KM Bahari 2.

Perahu motor yang ditumpangi ke 37 penumpang itu sebelum diselamatkan KM Bahari 2 sempat kehabisan BBM di sekitar muara Bokap Atsj dan hanyut terbawa angin hingga ke muara perairan Timika.

Setelah mendapat informasi tentang keberadaan mereka kemudian tim SAR Timika mengevakuasi para korban dan dijadwalkan akan dipulangkan ke Agats dengan menggunakan kapal putih milik PT Pelni, kata Kombes Kamal.*

 

Pewarta: Evarukdijati
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2019