counter

Sepak Bola Dunia

Pilihan kompetisi sepak bola lain, setelah Liga Inggris berakhir

Pilihan kompetisi sepak bola lain, setelah Liga Inggris berakhir

Ilustrasi- sepak bola (Istimewa)

Jakarta (ANTARA) - Liga Inggris musim 2018/2019 telah berakhir. Manchester City sukses mempertahankan gelar juara dengan raihan 98 poin, unggul satu poin dari Liverpool di peringkat kedua.

Persaingan gelar juara Liga Inggris musim ini begitu ketat, bahkan semua orang menyaksikan. Sebagian kecil adalah suporter Liverpool yang berharap paceklik gelar liga mereka berakhir, sebagian besar adalah suporter klub-klub lain yang tak ingin bahan ejekan mereka raib begitu saja.

Namun berakhirnya Liga Inggris bukan berarti kompetisi sepak bola lain juga tak menarik. Berikut beberapa pilihan ANTARA News yang bisa Anda ikuti:

Liga 1 Indonesia

Kompetisi sepak bola tertinggi Indonesia akhirnya digelar, setelah melewati rangkaian ketidakpastian jadwal, mengusung sponsor baru dengan nama Shopee Liga 1 2019.

Musim ini, PSS Sleman, Kalteng Putra dan Semen Padang bakal tampil sebagai tim promosi dari Liga 2.

Persija Jakarta bakal memulai perjuangan mereka mempertahankan gelar juara Liga 1 di bawah arahan arsitek baru rasa lama, Ivan Kolev, yang juga pernah menangani Macan Kemayoran pada musim 1999-2000 silam.

Sebagai laga pembuka, PSS akan menjamu Arema FC di Stadion Maguwoharjo, Sleman, DI Yogyakarta, pada Rabu (15/5) sore.

Baca juga: PSS akui Arema tim kuat meski tetap optimistis menang


Liga Belanda

Ajax di atas kertas sudah menjadi juara Liga Belanda, mengingat mereka kini unggul tiga poin dan punya jarak selisih 14 gol dari PSV Eindhoven.

Tim besutan Erik ten Hag itu sudah pasti gagal meraih trigelar musim ini karena mimpi mereka di Liga Champions dikubur oleh Tottenham Hotspur, namun menyandingkan Piala Belanda dengan trofi Liga Belanda bukanlah hasil yang buruk bagi tim berisi sederet bintang muda, yang bakal tercerabut oleh raksasa-raksasa Eropa musim depan.

Pekan pamungkas Liga Belanda akan memainkan jadwal pekan ke-33 --yang ditunda demi membantu Ajax kala itu-- pada Kamis (16/5) dini hari WIB. Ajax bertemu De Graafschap dan PSV menjamu Heracles Almelo.

Baca juga: Hasil dan klasemen Liga Belanda, Ajax selangkah menuju juara


Piala Italia

Pada Kamis (16/5) dini hari WIB, Atalanta akan menghadapi Lazio di final Piala Italia.

Selain berambisi meraih trofinya, Lazio juga bisa memanfaatkan Piala Italia sebagai jalur menuju kompetisi antarklub Eropa.

Sedangkan Atalanta juga tentunya dihidupi ambisi meraih gelar juara Piala Italia lagi, setelah terakhir pada 1963 silam.

Baca juga: Jelang final, Atalanta dan Lazio dapat dorongan moral


Liga Jerman

Sebagaimana Liga Inggris dan Liga Belanda, persaingan gelar juara Liga Jerman juga berlangsung hingga pekan pamungkas. Bayern Muenchen yang sudah hampir juara di pekan ke-33, digagalkan oleh gol yang dianulir VAR.

Hal itu membuat Borussia Dortmund yang cuma terpaut dua poin dari Muenchen berkesempatan untuk menjadi juara. Syaratnya cukup berat, Dortmund menang di laga pamungkas dan Muenchen kalah.

Laga pamungkas Liga Jerman akan berlangsung pada Sabtu (18/5) malam WIB. Muenchen menjamu Eintracht Frankfurt dan Dortmund bertandang ke markas Borussia Moenchengladbach.

Baca juga: Muenchen bersemangat pastikan gelar juara di kandang


Piala FA

Partai final Piala FA akan berlangsung di Wembley pada Minggu (18/5) mempertemukan Manchester City dengan Watford.

Tim besutan Pep Guardiola berambisi melengkapi raihan trigelar domestik mereka setelah lebih dulu menjuarai Piala Liga Inggris dan Liga Premier.

Sedangkan Watford bakal memburu trofi Piala FA pertama mereka setelah pada 1984 silam takluk 0-2 di tangan Everton.

Baca juga: City langsung mengalihkan perhatian ke Piala FA


Liga Spanyol

Barcelona memang sudah menjadi juara dan dua tim ibu kota, Atletico Madrid serta Real Madrid, sudah dipastikan mendampingi Las Blaugranas ke Liga Champions musim depan.

Satu tiket terakhir menuju Liga Champions masih diperebutkan tim-tim peringkat keempat hingga keenam yakni Valencia (58), Getafe dan Sevilla (56). Jika jatuh ke tangan Getafe, itu akan menjadi penampilan perdana mereka di Liga Champios sepanjang sejarah 35 tahun tim tersebut berdiri.

Sementara itu ketiga tim itu juga bisa saja berakhir dengan tiket Liga Europa, yang masih turut melibatkan dua tim lain yakni Athletic Bilbao (53) dan Real Sociedad (50).

Pekan pamungkas akan digelar pada Sabtu (18/5) hingga Minggu (19/5) malam WIB.

Baca juga: Barcelona kembali ke jalur kemenangan dan ancam peluang Getafe


Liga Italia

Juventus memang sudah memastikan meraih gelar juara Liga Italia delapan musim beruntun, demikian juga Napoli telah mencetak satu tiket ke Liga Champions musim depan.

Namun, Liga Italia masih menyisakan persaingan antara lima tim yang saat ini berada di urutan ketiga hingga ketujuh dan memperebutkan dua tiket tersisa ke Liga Champions, yakni Inter Milan (66), Atalanta (65), AC Milan (62), AS Roma (62) dan Torino (60).

Selain kelima tim tersebut, Lazio (58), yang ada di urutan kedelapan juga masih berambisi meraih satu tiket ke Liga Europa. Pekan ke-37 akan digelar pada Sabtu (18/5) hingga Selasa (21/5) dini hari WIB. Sedangkan pekan pamungkas digelar serentak pada Minggu (26/5) malam WIB.


Liga Prancis

Klub kaya Paris Saint-Germain sudah memastikan gelar juara Liga Prancis sejak beberapa pekan lalu. Lille yang saat ini berada di urutan kedua klasemen juga sudah dipastikan memperoleh satu tiket ke Liga Champions, setidaknya untuk fase kualifikasi.

Lille berkesempatan untuk memastikan satu tiket ke fase grup, jika meraih satu poin saja dari dua laga tersisa.

Satu tempat lagi masih diperebutkan antara Olympique Lyon (66) dan AS Saint-Etienne (62).

Bagi Saint-Etienne, meski berada di posisi keempat, bukan tidak mungkin mereka berakhir tanpa kompetisi antarklub Eropa musim depan jika gagal menjaga jarak empat poin dari Montpellier (58).

Pekan ke-37 akan berlangsung serentak pada Minggu (19/5) dini hari WIB dan kemudian pada Minggu (26/5) dini hari WIB pekan pamungkas digelar.


Piala Raja

Sebagaimana Ajax di Belanda, ambisi Barcelona meraih trigelar musim ini juga raib karena digagalkan Liverpool di Liga Champions.

Namun, Lionel Messi berkesempatan untuk menutup musim ini dengan gelar lainnya yakni Piala Raja jika berhasil mengalahkan Valencia di partai final.

Boleh jadi, hasil Piala Raja juga akan mempengaruhi nasib pelatih Ernesto Valverde di Barcelona, yang praktis dua musim ini "diselamatkan" Messi berkat dua gelar juara liga.

Partai final akan digelar pada Minggu (26/5) dini hari WIB.

Baca juga: Klub-klub Spanyol menentang perubahan format Piala Raja


Piala Jerman

Bayern Muenchen selain berkesempatan meraih trofi Liga Jerman juga masih punya peluang untuk membukukan dwigelar musim ini.

Di partai final mereka akan meladeni tim yang masih berusia remaja, RB Leipzig, di Stadion Olimpiade Berlin, Minggu (26/5) dini hari WIB.

Nasib pelatih Muenchen, Niko Kovac, sudah pasti akan ditentukan dari hasil akhir Liga Jerman dan Piala Jerman.


Final Liga Europa

Arsenal sudah dipastikan gagal ke Liga Champions dari jalur liga domestik. Harapan mereka satu-satunya adalah dengan cara menjuarai Liga Europa.

Di partai final, mereka akan menghadapi sesama wakil Inggris, Chelsea, yang sudah dipastikan lolos ke Liga Champions musim depan lewat jalur liga domestik.

Unai Emery berpeluang menajamkan catatannya sebagai pelatih pertama yang menjuarai Liga Europa sebanyak empat kali.

Sedangkan Maurizio Sarri, mungkin butuh menjuarai Liga Europa sebagai pertimbangan bagi taipan minyak Roman Abramovich agar tak memecatnya musim panas nanti.

Partai final Liga Europa dilangsungkan di Stadion Olimpiade Baku, Azerbaijan, pada Kamis (30/5) dini hari WIB.

Baca juga: Finis kelima, juara Liga Europa tambatan terakhir Arsenal


Final Liga Champions

Apa perbedaan Liverpool dan Tottenham Hotspur sebelum keduanya bertemu di final Liga Champions nanti? Liverpool punya sejarah sebagai juara kompetisi antarklub Eropa paling bergengsi sebanyak lima kali. Tottenham baru pertama kali mencapai partai final.

Di kompetisi domestik, Liverpool menutup musim dengan kemenangan atas Wolverhampton dan meraup 97 poin, rekor jumlah terbanyak mereka sepanjang sejarah, namun cuma berakhir di urutan kedua.

Sedangkan Tottenham menutup musim dengan hasil imbang 2-2 melawan rival sekota Liverpool, Everton, dan berakhir di urutan keempat.

Apakah itu semua penting? Bisa iya, bisa tidak.

Yang jelas baik Juergen Klopp di Liverpool maupun Mauricio Pochettino di Tottenham, sama-sama berkesempatan meraih trofi perdana mereka di klub masing-masing, ketika bertarung di Stadion Wanda Metropolitano, Madrid, Spanyol, pada Minggu (2/6) dini hari WIB.

Baca juga: Robertson: Liverpool akan belajar dari kesalahan

 

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Fitri Supratiwi
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar