Kobar menjadi fokus utama kami sebab di sanalah aktivitas penumpang melalui angkutan darat cukup tinggi untuk wilayah Kalteng
Palangka Raya (ANTARA) - Dinas Perhubungan Provinsi Kalimantan Tengah berencana memfokuskan penertiban angkutan darat jelang Lebaran di wilayah Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar).

"Kobar menjadi fokus utama kami sebab di sanalah aktivitas penumpang melalui angkutan darat cukup tinggi untuk wilayah Kalteng," kata Kepala Seksi Pemaduan Moda Dinas Perhubungan Kalteng Anang Ramlan di Palangka Raya, Rabu.

Rute angkutan darat di Pangkalan Bun cukup banyak ditemui, seperti rute antar kabupaten dan kota dalam provinsi hingga luar provinsi, seperti ke Pontianak, Kalimantan Barat.

Anang menjelaskan, apabila tidak adanya perubahan jadwal, maka rencananya penertiban mulai dilaksanakan pada 20-22 Mei 2019. Kegiatan itu dilaksanakan bekerja sama dengan Kantor Balai Pengelola Transportasi Darat, Polri dan pemerintah kabupaten setempat.

"Nantinya kami tidak sendirian, karena kegiatan itu akan melibatkan pihak balai, kepolisian serta pemerintah kabupaten," katanya.

Tujuan utama dilakukannya penertiban, yakni memeriksa kelaikan angkutan khususnya bus yang biasa beroperasi di Kalteng. Sehingga dapat dipastikan keamanannya untuk digunakan penumpang, terlebih menghadapi musim mudik Lebaran mendatang.

Anang memaparkan, penertiban yang pihaknya lakukan yaitu mengecek alat kelengkapan angkutan darat, seperti lampu utama, rem, lampu rem dan lainnya. Upaya tersebut sebagai tindakan pencegahan dini, terhadap potensi bahaya yang bisa mengancam keselamatan penumpang.

Sementara itu untuk jumlah penumpang melalui jalur darat, hingga saat ini masih dalam kondisi normal. Bahkan berdasarkan pengalaman dari tahun ke tahun pada masa mudik Lebaran, tidak ada lonjakan berarti yang terjadi.

"Kalaupun ada lonjakan jelang Lebaran, presentasenya tidaklah besar. Yakni antara 15-20 persen, itu pun merupakan pencapaian yang maksimal," jelas Anang.

Hal itu dipengaruhi oleh banyaknya masyarakat di Kalteng yang lebih memilih mudik dengan menggunakan kendaraan pribadi, dibandingkan menggunakan angkutan umum. Selain itu kepadatan arus mudik lebih sering terjadi, melalui angkutan laut dan udara.
 

Pewarta: Kasriadi/Muhammad Arif Hidayat
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2019