counter

Dinas: Seluruh jalan nasional di Riau dalam kondisi mantap untuk mudik

Dinas: Seluruh jalan nasional di Riau dalam kondisi mantap untuk mudik

Foto udara proyek pelebaran jalan nasional Temanggung-Bawen di Jawa Tengah, Sabtu (11/5/19). Sejumlah ruas jalan nasional yang menghubungkan Semarang-Ambarawa-Temanggung dilakukan pelebaran jalan untuk menunjang kelancaran arus mudik 2019. ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari/pras.

Sejumlah jembatan penghubung antarprovinsi juga berada dalam kondisi aman dan mantap
Pekanbaru (ANTARA) - Kepala Dinas PUPR Riau Dadang Eko Purwanto memastikan seluruh jalan nasional di provinsi itu dalam kondisi mantap dan aman untuk dilalui oleh para pemudik Idul Fitri 2019.

"Ruas jalan nasional di provinsi ini mantap dan bisa dilewati dengan aman oleh pemudik, seperti ruas Jalan Pekanbaru-Sumbar dan lainnya, " kata Dadang di Pekanbaru, Rabu.

Menurut Dadang, sejumlah ruas jalan nasional lainnya yang berada dalam kondisi mantap adalah Pekanbaru lewat lintas Timur, juga Pekanbaru-Sumut, sehingga pemudik bisa dengan aman menuju kampung halaman untuk berlebaran.

Sejumlah jembatan penghubung antarprovinsi juga berada dalam kondisi aman dan mantap, serta jembatan penghubung antarkabupaten dalam kondisi bagus.

"Jadi para pemudik tidak usah khawatir, karena infrastruktur jalan dan jembatan di Riau sudah aman untuk dilewati, tinggal menambah kewaspadaan pada sejumlah titik-titik rawan longsor, dan tanah tebing," katanya.

Ia menyebutkan sejumlah titik rawan longsor di Riau tercatat di daerah Pekanbaru-Sumbar, ruas jalan Provinsi Riau- Rengat., Kuala Cinaku Rumbai Jaya menuju Tembilahan.

Rawan longsor diperkirakan sewaktu-waktu bisa terjadi, terkait kelabilan tanah khususnya di areal tanah tebing Pekanbaru-Sumbar yang dipicu jika hujan cukup tinggi.

Selain itu, pemudik juga perlu tetap meningkatkan kewaspadaan terkait terjadinya abrasi Sungai Rengat di Kuala Cinaku Rumbai menuju Tembilahan.

"Namun demikian, pemudik tidak perlu cemas karena Dinas PUPR juga menyiagakan petugas dan membuka posko mudik Lebaran bersama PJN mulai H-7 hingga H+7 Idul Firi 2019 untuk mengantisipasi bencana alam rawan longsor itu," katanya.

Baca juga: Jumlah penumpang pesawat di Riau saat mudik diperkirakan anjlok
Baca juga: Sebagian jalur Riau-Sumatera Barat tertutup longsoran tanah

Pewarta: Frislidia
Editor: Kelik Dewanto
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Kekeringan, pintu outflow Telaga Sarangan segera ditutup

Komentar