Sungailiat,Bangka (ANTARA) - Dinas Pangan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menggelar kegiatan pasar murah Ramadhan di Kota Sungailiat, Kabupaten Bangka guna membantu masyarakat di daerah itu mendapatkan kebutuhan pangan dengan harga murah.

Kepala Bidang Ketersediaan Pangan, Dinas Pangan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Sri Rezeki di Sungailiat, Rabu mengatakan pasar murah yang melibatkan delapan distributor besar tersebut merupakan kegiatan yang ke empat kalinya diselenggarakan di Kabupaten Bangka.

"Dengan pasar murah ini kami membantu masyarakat dapat membeli kebutuhan pangan langsung dengan pihak distributor agar relatif berbeda dibanding dengan harga di pasar," jelasnya.

Dia mengatakan, pihaknya tidak dapat mengintervensi harga yang ditawarkan pihak distributor kepada masyarakat karena tidak ada dana subsidi dari pemerintah daerah.

"Distributor sudah mempunyai harga ketetapan saat menjual barang pangan kepada masyarakat meskipun ada selisih sedikit lebih murah dibandingkan harga di pasar tradisional," katanya.

Dalam kegiatan pasar murah ini kata dia, pihaknya hanya menyediakan sarana yang dibutuhkan distributor seperti, tenda, baliho dan kebutuhan lainnya, sedangkan pemerintah Kabupaten Bangka menyampaikan perihal kegiatan pasar murah kepada masyarakat termasuk menentukan lokasinya.

"Sampai menjelang Lebaran nantinya, kami menjadwalkan masih tiga kali lagi melakukan kegiatan pasar murah, hanya lokasinya yang masih akan ditentukan," ujarnya.

Dinas Pangan Provinsi Kepulauan Bangka, mencatat sebanyak 17 kali pasar murah selama satu tahun terdiri dari 10 kali kegiatan pasar murah pada hari besar keagamaan serta lainnya dilaksanakan pada hari besar lainnya.

Baca juga: ASDP Muntok prediksi peningkatan penumpang terjadi mulai H-10

Baca juga: Penumpang di bandara Depati Amir capai 44.529 orang

Pewarta: Kasmono
Editor: Budi Suyanto
Copyright © ANTARA 2019