Anti Hoax

Hoaks, empat anak sekarat di Monas setelah minum es teh

Hoaks, empat anak sekarat di Monas setelah minum es teh

Ilustrasi - Anti Hoaks (ANTARANews/Handry Musa/JIO02)

Jakarta (ANTARA/JACX) - Dalam sebuah unggahan di media sosial diinformasikan mengenai empat anak yang sekarat setelah meminum es teh di kawasan Monas Jakarta. 

Dalam unggahan berupa foto yang menggambarkan empat orang tengah tergeletak di pinggir jalan dan dikerumuni oleh masyarakat tersebut juga disertakan narasi bahwa keempat orang itu sekarat karena ada racun dalam minuman yang mereka konsumsi.

Klaim      : Empat anak sekarat setelah mengkonsumsi es teh di kawasan Monas Jakarta Pusat. Minuman yang dikonsumsi mengandung racun yang
                  sengaja dibubuhkan.
Rating     : Salah/Misinformasi

Penjelasan :
Dari penelusuran yang dilakukan, empat orang yang disangkakan sekarat itu, sebetulnya mengalami kejang-kejang setelah mengkonsumi obat yang mereka beli dan kemudian meminum kopi.  Peristiwa itu terjadi bukan di Monas namun di kawasan Alam Sutera, Tangerang Selatan.

Sebagaimana dilaporkan ANTARA di Banten, empat petugas kebersihan salah satu mal di kawasan Alam Sutera, Serpong, Tangerang Selatan yang kejang-kejang di pinggir jalan depan Gapura Kampung Marga Jaya, Kecamatan Serpong Utara, Tangerang Selatan, Sabtu (20/4), mengakui telah menenggak obat Hexymer sebelum terjadinya kasus tersebut.

"Kasus itu hasil medisnya belum ada. Tapi keempatnya setelah diperiksa, mengaku telah menenggak obat Hexymer," kata Kasatreskrim Polres Tangerang Selatan, AKP Ahmad Alexander Yurikho, saat dihubungi di Jakarta, Selasa (23/4).

Alex mengatakan keempat orang petugas kebersihan yang sudah diperiksa sebagai saksi tersebut, mengaku membeli obat Hexymer itu di lapak di Jalan Graha Raya dengan harga per satu pilnya sekitar Rp13-14 ribu.

Lebih lanjut, Alex mengatakan keempat petugas kebersihan tersebut sebelum kejang-kejang di pinggir jalan, membeli obat Hexymer tersebut sebelum pergi pulang ke rumahnya di daerah Tangerang Kota.

Cek fakta: Empat petugas kebersihan kejang di Alam Sutera akui tenggak "Hexymer"

 

Pewarta: Tim JACX dan Kemkominfo
Editor: Panca Hari Prabowo
COPYRIGHT © ANTARA 2019

KSAD tindak dua anggota dan istrinya yang sebar ujaran kebencian Wiranto

Komentar