Jakarta (ANTARA/JACX) - Melalui media sosial beredar sebuah unggahan yang isinya antara lain mengatakan bahwa Indonesia telah banyak mengimpor berbagai komoditas bahkan berencana juga akan mengimpor tenaga pengajar asing.

Klaim    : Pemerintah berencana untuk mengimpor tenaga pengajara atau guru asing.
Rating  : Salah/Disinformasi

Penjelasan 
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy mengatakan pemerintah mengundang instruktur atau guru dari luar negeri bukan mengimpor.

"Menko Puan Maharani tidak pernah bilang impor, tetapi mengundang para guru dan instruktur dari luar negeri," ujar Mendikbud di Jakarta, Senin (13/5).

Muhadjir menjelaskan perhatian pemerintahan Jokowi-Jusuf Kalla mulai tahun ini beringsut dari pembangunan infrastruktur ke pembangunan sumber daya manusia, sehingga  perlu upaya yang masif agar programnya terasa. Program yang selama ini kecil dan sporadis dirancang ulang, ujarnya.

Para instruktur atau guru asing itu didatangkan untuk meningkatkan kapasitas guru vokasi. Hal ini relevan dengan program Kemendikbud dalam pelatihan berjenjang.

"Mereka (instruktur asing) itu tidak diangkat jadi PNS atau menggantikan guru, hanya melatih para pelatih yang nantinya mengajarkannya pada guru-guru."

Cek fakta: Mendikbud tegaskan pemerintah undang instruktur bukan mengimpor
Cek fakta: Mendikbud sebut guru luar negeri untuk latih guru lokal
Cek fakta: Kapasitas guru vokasi akan terus ditingkatkan

 
Tangkapan layar klarifikasi anti hoaks subdit pengendalian konten internet Kementerian Komunikasi dan Informatika

Pewarta: Tim JACX dan Kemkominfo
Editor: Panca Hari Prabowo
Copyright © ANTARA 2019