Jakarta (ANTARA) - Operator telekomunikasi Indosat Ooreedoo memberikan pendampingan teknologi kepada 11 kota/kabupaten di Indonesia yang terpilih dalam membangun infrastruktur konektivitas dan solusi-solusi berbasis IT untuk bewujudkan kota cerdas berbasis teknologi yang berkelanjutan dan berdaya saing.

Bimbingan teknis yang diberikan Indosat adalah bagian dari Gerakan Menuju 100 Smart City yang dinisiasi oleh Kemenkominfo, Kemendagri, BAPPENAS, Kemenkeu, Kemenpan RB, dan Kantor Staf Presiden RI.

"Tujuan gerakan ini adalah menyusun masterplan kota pintar melalui kegiatan bimbingan teknologi, termasuk di antaranya program-program yang dapat diimplementasikan dalam waktu cepat dan dapat digunakan oleh Pemerintah Daerah untuk melayani warganya dengan lebih baik, tepat guna, cermat dan terukur," kata Chief Business Officer Indosat Ooredoo, Intan Abdams Katoppo, dalam siaran pers di Jakarta, Rabu.

Indosat Ooredoo telah mendapat kepercayaan untuk selalu terlibat di Gerakan 100 Smart City sejak awal pada 2015.

Hal ini juga merupakan implementasi dari strategi LEAD yaitu aktivasi percepatan B2B sebagai mesin pertumbuhan yang baru Indosat Ooredoo.

Program Gerakan Menuju 100 Smart City ini diharapkan dapat menjadi contoh bagi Kota dan Kabupaten di luar 100 Kota dan Kabupaten yang terpilih oleh Kominfo melalui inisiatif daerah masing-masing.

Pada saat bersamaan, Indosat Ooredoo juga melaksanakan roadshow yang salah satu kegiatannya adalah memaparkan salah satu fokus Indosat Ooredoo Business pada Smart City yang merupakan inisiatif penting dari Pemerintah di era revolusi industri 4.0. Roadshow berlangsung di Medan, Balikpapan, Semarang, dan Surabaya.

“Dengan demikian membangun Smart City tidak terhenti di 100 Kota dan Kabupaten tersebut, namun juga akan meliputi seluruh Kota dan Kabupaten di Indonesia yang pada akhirnya akan menjadikan bangsa Indonesia sebagai Smart Nation,” ujar Intan.

Indosat Ooredoo sudah terlibat sejak awal program Gerakan Menuju 100 Smart city mulai dari Jakarta Smart city Forum - 2015, Indonesia Smart city Forum – 2016 (Bandung), Gerakan 100 Kota Cerdas tahap I tahun 2017 (Makassar), tahap II pada tahun 2018, dan pada tahun 2019. Tahun lalu, Indosat Ooredoo Business dipercaya menjadi technology advisor bagi 16 kota/kabupaten di Indonesia.

Baca juga: Indosat Ooredoo komitmen cetak 100 Kota Cerdas

Baca juga: Indosat Ooredoo implementasi smart city di Sidoarjo

Pewarta: Royke Sinaga
Editor: Budi Suyanto
Copyright © ANTARA 2019