Jakarta (ANTARA) - Tim Khusus Anti Bandit (Tekab) Polda Metro Jaya menyelenggarakan patroli dialogis pada warga Jakarta selain patroli jalanan selama Ramadhan.

Dalam patroli yang diselenggarakan Rabu (15/5) malam hingga Kamis dini hari, Tekab Polda Metro Jaya berpatroli dialogis di kawasan eks Terminal Pulo Gadung, Jakarta Timur.

Warga sekitar yang didatangi oleh Tekab Polda Metro Jaya ini, mengaku senang didatangi oleh patroli rutin dari pihak keamanan, terlebih saat Ramadhan ini tingkat kerawanan berbenturan antar masyarakat cukup tinggi.

"Kami cukup senang dengan adanya patroli semacam ini, terlebih kemarin malam (Selasa, 14/5) sempat terjadi bentrokan di daerah sini antara anak-anak muda di sekitar Pintu 1 Kawasan Industri Pulo Gadung," ujar Ketua Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) Kelurahan Rawa Terate, Pulo Gadung, Selamet Riyadi saat ditemui di lokasi.

Menurut Selamet, keadaan Ramadhan memang memiliki tensi tinggi, terlebih dalam musim Pemilu seperti tahun 2019 ini. Karenanya masyarakat juga merutinkan ronda untuk mengamankan wilayahnya.

"Semoga dengan adanya patroli ini bisa terbantu juga untuk mengamankan wilayah. Harapan kami patroli lebih diintensifkan karena Ramadhan ini biasanya keamanan semakin rawan, apalagi sedang musim pilpres," katanya.
Kepala Tim Khusus Anti Bandit (Tekab) Polda Metro Jaya, Kompol Jarono, saat ditemui awak media di Jakarta, Kamis (16/5/2019) dini hari. (Antara/Ricky Prayoga)


Tekab Polda Metro Jaya memulai patrolinya pada pukul 23:45 WIB dari Mapolda Metro Jaya ke sepanjang Sudirman-Thamrin, masuk ke Jalan Juanda, Jalan Pos, Gunung Sahari, Pasar Senen, Kramat Raya, Salemba Raya, Tambak, dan Manggarai.

Kemudian, rombongan yang terdiri dari dua mobil patroli dan satu bus media, rombongan kemudian berbelok ke Manggarai, Matraman, Pramuka, Pemuda, Rawamangun hingga ke Pulogadung untuk kemudian patroli dialogis dengan warga.

Sekitar setengah jam rombongan kemudian melanjutkan patroli ke arah Pulomas, Bypass, Cawang, Cililitan, Dewi Sartika, Kalibata, Duren Tiga, Mampang, Tendean, Wolter Monginsidi, Trunojoyo, Bundaran Senayan, Semanggi dan berakhir di Polda sekitar pukul 02:35 WIB.

Berjalan ke tiga wilayah Jakarta, yakni Jakarta Pusat, Jakarta Timur dan Jakarta Selatan, rombongan patroli Tekab Polda Metro Jaya tidak menemukan hal menonjol.

"Alhamdulillah masih kondusif, semoga bisa seterusnya," kata Katimsus Tekab Polda Metro Jaya Kompol Jarono, di sela-sela patroli, Kamis dinihari.

Adapun maksud dari patroli ini, kata Jarono, adalah untuk meminimalisir aktivitas tawuran, sahur on the road dan berbagai kejadian yang sempat viral sebelumnya terkait aktivitas gang motor kendati beberapa kabar disebut Polda Metro Jaya merupakan kejadian yang telah lampau.

"Kami pantau titik-titik rawan antara Bekasi dan Jakarta. Ya termasuk untuk pantau itu juga yang kemarin viral bahwa kami itu ada di tengah-tengah masyarakat untuk cipta kondisi keamanan ya," ucapnya.

Polda Metro Jaya juga menyatakan pihaknya berani menjamin Jakarta dalam keadaan kondusif dan mengharapkan masyarakat tidak perlu khawatir untuk datang atau beraktivitas di Jakarta.

"Saya nyatakan sekali lagi Jakarta aman, tidak masalah silakan beraktivitas dan silakan datang ke Jakarta, kami dari PMJ siap mengamankan. Jangan khawatir tidak ada kegiatan menakutkan," ucap Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Argo Yuwono.

Baca juga: Patroli Tekab PMJ tidak temukan hal menonjol di tiga wilayah Jakarta

Pewarta: Ricky Prayoga
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2019