counter

Pemkab Tangerang sediakan pustaka keliling menjelang berbuka puasa

Pemkab Tangerang sediakan pustaka keliling menjelang berbuka puasa

Ilustrasi - Kehadiran pustaka keliling diminati warga menjelang berbuka puasa. (ANTARA FOTO/Muhamad Ibnu Chazar)

Kehadiran pustaka keliling sangat ditunggu warga apalagi saat "ngabuburit" (menunggu waktu berbuka) maka sangat bermanfaat menambah ilmu.
Tangerang (ANTARA) - Aparat Pemerintah Kabupaten Tangerang, Banten, menyediakan pustaka keliling menggunakan mobil menjelang berbuka puasa untuk memenuhi minat baca warga setempat.

"Dari pada membuang waktu percuma menjelang berbuka, maka kehadiran pustaka keliling diminati warga," kata Sekretaris Daerah Kabupaten Tangerang, Moch. Maesyal Rasyid di Tangerang, Kamis (16/5).

Maesyal mengatakan kehadiran pustaka keliling sangat ditunggu warga apalagi saat "ngabuburit" (menunggu waktu berbuka) maka sangat bermanfaat menambah ilmu.

Pustaka keliling tersebut menggunakan mobil yang sudah dirancang khusus dipenuhi aneka buku bacaan, ketika mobil itu tiba di desa, maka banyak anak-anak dan remaja yang berebut ingin membaca.

Dia mengatakan antusias masyarakat cukup tinggi, maka direncanakan pustaka keliling itu akan bergiliran mendatangi kantor kecamatan atau desa.

Pada pekan pertama Ramadhan, petugas pustaka keliling mendatangi Desa Solear, Kecamatan Solear, ketika buka pukul 13.00 WIB hingga pukul 15.00 WIB banyak warga yang membaca.

Namun peminat mulai berdatangan ke pustaka tersebut ketika mendekati berbuka sembari "ngabuburit".

Dalam laporan petugas Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (DPAD) Kabupaten Tangerang, bahwa pelayanan pustaka keliling ditingkatkan selama bulan puasa.

Selain mendatangi desa, mobil unit pustaka keliling itu juga siaga di Pusat Pemerintahan, kantor camat dan di Perputakaan Daerah setempat.

"Setiap hari kerja juga buka pustaka keliling di Kantor Camat Tigaraksa," kata mantan camat Pakuhaji itu.

Sementara itu, Kepala Bidang Pelayanan DPAD Kabupaten Tangerang, Masdiana mengatakan pihaknya berupaya untuk meningkatkan perpustakaan di tiap desa.

Hal tersebut karena sejumlah kecamatan telah memiliki pustaka yang letaknya dalam lingkup kantor dipenuhi aneka buka bacaan.

Dia mengatakan untuk memenuhi buku di perpustakaan desa, maka diserahkan melalui pinjaman dan menggandeng beberapa pihak yang peduli program literasi.



 

Pewarta: Adityawarman(TGR)
Editor: Ridwan Chaidir
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Menukar uang lusuh di pulau perbatasan dengan Malaysia

Komentar